Pekanbaru (ANTARA News) - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Riau menyebut kelompok terbang (kloter) perdana untuk embarkasi Batam, Kepulauan Riau bertolak dari Bandara Internasional Hang Nadim tanggal 25 Agustus 2015.

"Untuk kloter pertama akan diberangkatkan ke Batam pada 24 Agustus dan berangkat langsung ke Madinah tanggal 25 Agustus," papar Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Provinsi Riau, Muhammad A Azis di Pekanbaru, Senin.

Menurut dia, dilanjutkan dengan pemberangkatan kloter berikutnya hingga kloter terakhir tanggal 2 September 2015 karena pihaknya telah membagi dalam sembilan kloter dan rata-rata satu kloter berjumlah 445 orang.

Ia belum bisa menentukan jemaah calon haji yang tergabung dalam kloter satu hingga sembilan dikarenakan Kanwil Kemenag Riau masih menunggu pemenuhan kuota dari masing-masing kabupaten/kota di Riau.

"Belum bisa kita tentukan karena kuota kita masih kurang dan ini yang sedang kita bahas. Kami masih menunggu finalisasi jumlah jemaah kabupaten/kota paling lambat hari ini (Senin, red)," katanya.

Asril, Kepala Seksi Pembinaan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Riau sebelumnya menambahkan, masing-masing kelompok terbang dari provinsi tersebut ada jumlahnya mencapai 450 orang jemaah calon haji.

"Jika jumlah jemaah di suatu kabupaten/kota tidak mencukupi untuk mengisi satu kloter, nantinya akan ditambah dari daerah lain. Pembagian dan penyusunan kloter akan kita lakukan pada awal Agustus ini," katanya.

Dia merincikan, berdasarkan data terakhi jemaah calon haji asal Kota Pekanbaru sebanyak 1.049 orang, Kabupaten Kampar 436 orang, Kabupaten Bengkalis 443 orang, Kabupaten Indragiri Hulu 215 orang dan Kabupaten Indragiri Hilir 394 orang.

"Kota Dumai 274 orang, Kabupaten Rokan Hulu 222 orang, Pelalawan 259 orang, Kuantan Singingi 195 orang, Siak 165 orang, Rokan Hilir 306 orang dan Kabupaten Kepulauan Meranti sebanyak 53 orang," ucapnya.

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015