Karena yang mengeluarkan peraturan tersebut di kementerian, nanti biar Bu Menteri ke sini saja agar bisa menjelaskan kepada nelayan,"
Pandeglang (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menemui para nelayan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Panimbang usai meresmikan pengoperasian Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung di Pandeglang, Senin.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo menjelaskan, kedatangannya ke TPI tersebut dimaksudkan untuk mendengar berbagai keluhan atau permasalahan yang dihadapi para nelayan.

Sejumlah persoalan yang disampaikan nelayan seperti tidak adanya bantuan bagi nelayan, terkait Peraturan Menteri (Permen) Kelautan dan Perikanan soal larangan beberapa alat tangkap yang digunakan nelayan yang membuat mereka kesulitan mendapatkan ikan, juga masalah ombak yang cukup besar yang membuat abrasi serta harapan adanya bantuan perumahan bagi nelayan.

Menanggapi permintaan tersebut, Presiden Jokowi mengatakan, karena menyangkut Permen Kelautan dan Perikanan yang dipersoalkan nelayan merupakan masalah teknis, ia berjanji akan menugaskan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti untuk menemui para nelayan di Pandeglang.

"Karena yang mengeluarkan peraturan tersebut di kementerian, nanti biar Bu Menteri ke sini saja agar bisa menjelaskan kepada nelayan," kata Kepala Negara yang langsung disambut tepuk tangan ribuan nelayan yang memenuhi TPI Panimbang.

Terkait permintaan yang disampaikan oleh pengurus Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Pandeglang mengenai permintaan bantuan, Presiden Jokowi langsung memberikan sumbangan, yaitu sebesar Rp30 juta untuk pengolahan ikan dan Rp50 juta untuk dibagi-bagi kepada semua kelompok nelayan.

"Nanti untuk HNSI saya kirim Bu Susi. Bantuannya beda-beda, nanti untuk jaring, alat-alat dan untuk perumahan nelayan," kata Presiden Jokowi.

Adapun terkait keluhan para nelayan mengenai masalah perumahan, Presiden Jokowi mengatakan, pembangunan perumahan untuk nelayan akan dilaksanakan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat disesuaikan dengan kebutuhan nelayan.

Turut hadir mendampingi kunjungan Presiden tersebut Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil, Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi serta sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait di Provinsi Banten dan Kabupaten Pandeglang.

(M045/R010)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015