... fokus untuk perdagangan dan investasi saja...
Batam, Kepulauan Riau (ANTARA News) - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert Blake Jr, membantah kunjungan dua harinya ke Batam dan Bintan di Provinsi Kepulauan Riau terkait dengan rencana pelaksanaan Pilkada Kepulauan Riau 2015.

"Kunjungan saya hari ini fokus untuk perdagangan dan investasi saja," kata Blake Jr, usai menemui Gubernur Kepulauan Riau, Muhammad Sani, di Batam, Kamis.

Blake Jr mengaku tidak mengikuti perkembangan politik di daerah-daerah di Indonesia, termasuk Batam dan Kepulauan Riau. "Saya mungkin bukan diplomat baik untuk ditanyai soal politik," kata dia mengelak.

Mengenai pertemuannya dengan Sani, ia memastikan hanya untuk membicarakan peluang investasi bagi pengusaha Amerika Serikat di Batam, serta kemudahan-kemudahan yang mungkin didapatkan bila menanamkan modal di KPBPB Batam.

"Pertemuan dengan Gubernur untuk membahas langkah-langkah menarik investasi ke kawasan ini. Kami juga berdiskusi mendalam dengan Apindo dan Kadin mengenai peluang," tutur dia.

Blake Jr mengajak perwakilan 12 perusahaan dan asosiasi bisnis Amerika Serikat untuk bertemu dengan Sani, Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan, Ketua Badan Pengusahaan KPBPB Batam, Mustofa Widjaja, serta pengusaha Indonesia.

Rombongan itu juga mengunjungi fasilitas manufaktur baru milik Caterpilar dan Studio Kinema milik pengusaha Indonesia yang memproduksi berbagai film animasi dan film lainnya yang dipesan dari luar negeri.

Rombongan juga direncanakan akan mengunjungi Bintan Industrial Estate dan fasilitas manufaktur Honeywell Corporation di Pulau Bintan, Kepulauan Riau, pada Jumat (30/1).

Pewarta: Jannatun Naim
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015