Sampit (ANTARA News) - Warga yang tidak menggunakan hak pilihnya atau golongan putih (golput) pada Pemilihan Umum legislatif 2014 di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, mencapai 33 persen.

"Berdasarkan hasil rekapitulasi perolehan suara, total jumlah pemilih di lima daerah pemilihan (Dapil) sebanyak 331.037 pemilih, namun yang menggunakan hak pilihnya hanya 214.060 pemilih," kata anggota KPU Kabupaten Kotim, Abdul Hafiz di Sampit, Rabu.

Partisipasi pemilih pada pemilu legislatif 2014 di Kabupaten Kotim hanya mencapai 67 persen, dan jumlah itu tidak mencapai target yang ditetapkan KPU, yakni sebesar 70 persen.

Meski masih bayak ditemukan Golput pada pelaksanaan Pemilu legislatif 2014, namun KPU patut bersyukur karena Pemilu legislatif 2014 lebih sukses menekan angka Golput jika dibandingkan dengan Pemilu legislatif 2009, yang hanya sebesar 64 persen atau 36 persen Golput.

Menurut Hafiz, KPU sudah berusaha maksimal dalam melakukan sosialisasi untuk mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya, namun terkait keputusan untuk menggunakan hak pilihnya atau tidak, itu menjadi keputusan masing-masing pemilih.

Sementara mengenai ratusan pasien, perawat dan keluarga pasien di RSUD dr Murjani Sampit yang tidak dapat memilih karena tidak ada PPS yang membawa tempat pemungutan suara ke rumah sakit, masalah itu akan menjadi catatan KPU.

"Sebelumnya sudah kami koordinasikan dengan PPS terdekat, namun ternyata tidak dilaksanakan saat hari pencoblosan. Hal ini tentunya akan menjadi catatan penting bagi kami," katanya.

Berdasarkan rincian akhir per Dapil, jumlah pemilih di daerah pemilihan 1 sebanyak 50.284 orang, namun pemilih yang menggunakan hak pilihnya hanya 33.336 orang.

Untuk daerah pemilihan 2, jumlah pemilih sebanyak pemilih 64.820 orang, namun yang menggunakan hak pilihnya hanya 44.695 orang. Di daerah pemilihan 3 tercatat ada sebanyak 48.330 pemilih, namun yang menggunakan hak pilihnya hanya 32.991 pemilih.

Jumlah pemilih di daerah pemilihan 4 sebanyak 75.607 orang, namun yang menggunakan hak pilihnya hanya 43.683 orang. Sedangkan jumlah pemilih di daerah pemilihan 5 sebanyak 91.996 orang, namun yang menggunakan hak pilih hanya 59.355 orang.

Daerah pemilihan 1 meliputi Kecamatan Mentaya Hilir Utara, Mentaya Hilir Selatan, Pulau Hanaut dan Teluk Sampit. Daerah pemilihan 2 meliputi Kecamatan Mentawa Baru Ketapang.

Daerah pemilihan 3 yang meliputi Kecamatan Baamang dan Seranau, daeerah pemilihan 4 meliputi Kecamatan Kotabesi, Cempaga, Cempaga Hulu dan Telawang. Sedangkan daerah pemilihan 5 meliputi Kecamatan Parenggean, Antang Kalang, Bukit Santuai, Mentaya Hulu, Tualan Hulu dan Telaga Antang.  (UTG/KWR)

Pewarta: Untung Setiawan
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014