Washington (ANTARA News) - Presiden Barack Obama akan mencari upaya meredakan ketegangan di kawasan Asia Timur dengan mengunjungin Jepang, Malaysia, Filipina dan Korea Selatan April mendatang.

Kunjungan Obama ke Manila dan Kuala Lumpur adalah menunaikan janji lawatan Asianya yang tertunda Oktober lalu karena kesibukan di dalam negeri AS akibat ketegangan politik menyangkut krisis pembahasan anggaran.

Kunjungan ini dianggap akan meningkatkan ketegangan teritorial antara sekutu-sekutu AS dengan China yang diperparah oleh deklarasi "zona identifikasi pertahanan udara" di Laut Cina Timur.

Beijing juga dibuat marah oleh Washington pekan lalu setelah AS menyeru klarifikasi klaim China atas sengketa wilayah di Laut Cina Selatan.

Lawatan Obama ke Jepang dan Korea Selatan juga akan mengeratkan hubungan dengan sekutu dekat AS itu di tengah ketegangan antara dua sahabat AS di Asia Timur Laut itu.

Sudah menjadi rahasia umum Obama akan mengunjungi Jepang April nanti demi memenuhi undangan Perdana Menteri Shinzo Abe yang berkuasa sejak Desember 2012, namun menambahkan Korea Selatan dalam daftar lawatan baru dilakukan setelah ada tekanan dari Seoul dan komunitas kebijakan Asia di Washington.

Langkah ini juga memesankan isyarat kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un bahwa tidak ada kesenjangan padangan antara AS dan Korea Selatan dalam menghadapi program nuklir dan provokasi  Pyongyang, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014