Karawang (ANTARA News) - Arus kendaraan mudik di Simpang Jomin menuju jalur Pantura Karawang, Jawa Barat, Sabtu sore hingga malam padat.

Kasatlantas Polres Karawang AKP M Rano Hadiyanto mengatakan, dibandingkan beberapa hari sebelumnya, kendaraan pemudik yang melintas menuju Jalur Pantura pada H-5 Lebaran mengalami lonjakan.

Kepadatan kendaraan di simpang Jomin terjadi akibat penyempitan jalan dan terdapat pertemuan arus dari arah jalan arteri Karawang dan arus dari jalan By Pass Jomin.

"Rekayasa lalu lintas seringkali kita lakukan untuk mengatasi kepadatan di simpang Jomin," katanya, saat dihubungi, di Karawang, Sabtu.

Dikatakannya, rekayasa lalu lintas dilakukan dengan melakukan buka-tutup di pertigaan Mutiara. Menutup jalur ke simpang Jomin yang melintasi jalan By Pass Jomin dan mengalihkan ke bawah jembatan layang pasar Cikampek untuk ke simpang Jomin, melintasi jalan Jenderal Sudirman.

Rekayasa lainnya dilakukan dengan mengalihkan kendaraan yang keluar dari gerbang Tol Dawuan menuju simpang Jomin, diputar arah ke Bundaran Depo Pertamina Dawuan.

Selain itu, juga dilakukan pengalihan arus di perempatan gerbang Tol Cikampek, Cikopo, Purwakarta oleh jajaran Polres Purwakarta. Kendaraan yang menuju jalur Pantura dialihkan ke jalur tengah melewati Sadang-Subang.

Pantauan Antara, menjelang malam kendaraan yang melintas menuju jalur Pantura semakin banyak, sehingga mengakibatkan arus lalu lintas semakin padat.

Pewarta: M Ali Khumaini
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013