Sejumlah agenda penting akan dibahas dalam Munas IV tersebut salah satunya peran HA IPB dalam pembangunan pertanian Indonesia serta pemilihan Ketua HA IPB,"
Bogor (ANTARA News) - Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA IPB) menggelar Musyawarah Nasional IV yang akan berlangsung pada 28--29 Juni di Bogor, Jawa Barat.

"Sejumlah agenda penting akan dibahas dalam Munas IV tersebut salah satunya peran HA IPB dalam pembangunan pertanian Indonesia serta pemilihan Ketua HA IPB," kata Said Didu, Ketua HA IPB Periode 2009-2013, dalam siaran persnya yang dikirim kepada Antara, Rabu.

Didu menyebutkan berbagai rangkaian acara dilaksanakan untuk menyemarakkan Munas pada tahun ini diantaranya Talkshow bertajuk "Menjadi Kaya Melalui Pertanian-Getting Rich Thru Agriculture" yang telah dilaksanakan pada, 22 Mei 2013 yang lalu di Jakarta.

Diskusi serupa juga akan diselenggarakan pada Jumat 28 Juni 2013 di IPB International Convention Center (IICC) Bogor. Dalam acara ini, tema yang akan diangkat adalah "Solusi Efektif Pembangunan Pertanian" dengan menghadirkan narasumber yaitu Menteri Perdagangan, Pakar Ekonomi, Praktisi Pertanian, Pimpinan IPB, Anggota Legislatif dan Media.

"Munas HA IPB ini akan dihadiri perwakilan alumni IPB yang datang dari seluruh Indonesia," katanya.

Didu menyebutkan, sebagai acara puncak Musyawarah Nasional (MUNAS) HA IPB adalah pemilihan Ketia HA IPB yang akan dilaksanakan pada tanggal 29 Juni 2013 di Kompleks Sentul International Convention Center (SICC) Bogor.

Pemilihan Ketua HA IPB diikuti lima pasangan. Pasangan calon ini merupakan alumni IPB yang kini menjadi tokoh nasional yang menduduki jabatan di pemerintahan, BUMN, dan sektor usaaha.

Para calon tersebut mencalonkan dan dicalonkan untuk menjadi Ketua HA IPB periode 2013--2017 akan beradu visi untuk menduduki jabatan ketua selama empat tahun mendatang.

Para calon beserta pasangannya tersebut adalah Abdul Aziz selaku Komisaris Para Groups, Staf Khusus KBUMN) berpasangan dengan Arif Satria yang merupakan Dekan FEMA IPB.

Pasangan calon ke dua yakni Bayu Krisnamukti, Wamendag RI berpasangan dengan Naufal Mahfudz yang menjabat Direksi LKBN ANTARA.

Selanjutnya pasangan Bambang Hendroyono, Dirjen Bina Usaha Kehutanan Kementerian Kehutanan RI berpasangan dengan Nelly Oswini, Pengusaha/Enterpreneur.

Pasangan terakhir, Franky Sibarani dari Garuda Food berpasangan dengan M.Sirod yang berprofesi sebagai Pengusaha/Enterpreneur.

"Acara puncak ini akan menentukan siapa yang akan terpilih sebagai Ketua HA-IPB periode mendatang," katanya.

Didu menyebutkan, pada Munas ke-IV tahun ini, alumni IPB yang tergabung dalam Himpunan Alumni IPB (HA-IPB) menyatakan tekadnya untuk memberi solusi efektif dalam pembangunan pertanian Indonesia.

Untuk Hal tersebut, lanjut Didu, Munas HA IPB ke-IV diberi tema "Solusi efektif Pembangunan Pertanian".

"Hal ini dimaksudkan agar pembangunan pertanian di Indonesia lebih maju, kuat, berpihak pada petani dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri," ujar Didu.

Didu menambahkan, solusi efektif pembangunan pertanian akan mampu disampaikan oleh Alumni IPB hika Himpunan Alumni IPB lebih solid dan kuat.

"Alumni IPB di masa mendatang harus lebih solid dan kuat karena berkorelasi positif terhadap kemajuan pertanian Indonesia," ujarnya.
(KR-LR/F006)

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013