Fukuoka (ANTARA News) - Taman laut dan akuarium di seluruh dunia biasanya menampilkan atraksi lumba-lumba, singa laut, dan paus pembunuh yang sudah dilatih untuk menarik pengunjung, tapi tidak demikian di Marine World Umino-Nakamichi, Jepang

Di Marine World Umino-Nakamichi, pengunjung akan disuguhi atraksi gerombolan ikan sarden yang jumlahnya mencapai 10.000 ekor.

Menurut Asahi Shimbun, di Jepang masih jarang penyelam yang bisa melatih ikan sarden untuk atraksi. Menurut pihak akuarium, untuk bisa menjinakkan ikan-ikan itu, butuh waktu dua bulan.

Setiap hari, para penyelam masuk ke tanki akuarium untuk memberi makan gerombolan 10.000 ekor ikan sarden Jepang yang sudah terlatih itu.

Ribuan ikan itu kemudian bergerak membentuk pusaran perak yang dihiasi nuansa biru dari cahaya akuarium dan melesat ke bagian atas tanki akuarium bersama sang penyelam.

Awalnya, ikan-ikan sarden itu kabur saat penyelam memasuki tanki. Meskipun begitu, para penyelam mencoba beragam manuver di dalam air dan lama kelamaan ikan-ikan itu terbiasa dengan keberadaan penyelam.

Atraksi ikan sarden itu dapat disaksikan hingga 6 Januari, demikian laporan Asahi Shimbun.

(nan)

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013