Jakarta (ANTARA) - Majelis Perwakilan Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Turki melakukan penggalangan donasi untuk korban gempa Turki yang hingga Selasa (7/2) dilaporkan telah merenggut 3.381 korban jiwa dan 20.462 orang mengalami luka-luka.

"Menurut berita tadi malam dari media nasional Yenişafak yang meninggal sudah 3.381 orang," ujar Ketua Umum MP KAHMI Turki M. Fajar Haqi Ismaya ketika dihubungi dari Jakarta, Rabu

Dia mengatakan gempa dengan magnitudo 7,8 itu telah menghantam wilayah Turki, khususnya Kahramanmaraş, Gaziantep, Diyarbakır, Adana, Adiyaman, Osmaniye, Hatay, Kilis, dan Malatya yang mengakibatkan ribuan korban jiwa, puluhan ribu korban luka, dan ribuan bangunan luluh lantak.

"Kami segenap keluarga besar KAHMI Turki dan HMI Turki yang tergabung dalam Satgas Kemanusiaan Hijau Hitam Internasional untuk Turki (Hijau Hitam InterTurki) turut berduka cita atas musibah yang terjadi," katanya.

 
Donasi MP KAHMI Turki. FOTO ANTARA/Ho-Fajar Haqi (1)


Fajar mengajak masyarakat menyalurkan bantuan terbaik untuk membantu percepatan pemulihan korban gempa yang membutuhkan melalui donasi yang telah dibuka.

"Dana kolektif yang terkumpul akan kami salurkan melalui pihak-pihak otoritatif yang menanggulangi para korban," katanya.

Menurut dia, semangat yang dibangun dari gerakan ini adalah bagaimana peran KAHMI dan HMI sebagai organisasi mahasiswa Islam dan alumni dari Indonesia yang saat ini juga memiliki perwakilan di Turki dapat turun tangan turut membantu warga negara Indonesia dan warga negara Turki terdampak.

"Sinergi KAHMI dan HMI Turki yang didukung oleh keluarga besar KAHMI dan HMI di Indonesia dan seluruh dunia menjadi awal langkah konkret bagaimana KAHMI dan HMI dapat memberikan manfaat kemanusiaan yang terasa di dunia internasional sesuai jiwa dari HMI itu sendiri. Semoga Allah memberkahi ikhtiar keluarga hijau hitam ini," ujar M.A. Rizqie Mustofa selaku Formatur HMI Cabang Persiapan Turki.

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023