Banda Aceh (ANTARA) - Sebanyak lima unit rumah warga di Kabupaten Aceh Tamiang dilaporkan terbakar dan menyebabkan satu orang terluka dalam peristiwa itu, menurut Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA).

“Kondisi terakhir api sudah berhasil dipadamkan,” kata Kepala Pelaksana BPBA Ilyas melalui Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalpos-PB) di Banda Aceh, Rabu.

Baca juga: 30 unit kios pasar hangus terbakar di Aceh Tamiang

Ia menjelaskan, kebakaran rumah warga terjadi di dua lokasi, yaitu Gampong Bukit Karim Pajak Blang Kandis, Kecamatan Bandar Pusaka dan Gampong Dusun Sumberejo Kampung Tualang Tukul Kecamatan Tenggulun.

Kebakaran di Bandar Pusaka terjadi pada Selasa (7/2) sekitar pukul 24.00 WIB, sedangkan di Kecamatan Tenggulun kebakaran terjadi pada Rabu (8/2) sekitar pukul 07.30 WIB. Petugas yang berwenang masih menyelidiki penyebab kebakaran.

Baca juga: Kerugian akibat bencana di Aceh pada Januari 2021 capai Rp11,6 miliar

Akibat dari peristiwa itu, sebanyak lima unit rumah warga rusak, di antaranya tiga unit rumah warga rusak berat dan satu unit rusak ringan di Kecamatan Bandar Pusaka serta satu unit rumah rusak berat di Kecamatan Tenggulun.

“Korban terdampak sebanyak 20 orang di Kecamatan Bandar Pusaka dan lima orang di Kecamatan Tenggulun,” katanya.

Baca juga: Kebakaran melanda 25 rumah dan memaksa 102 orang mengungsi di Bandung

Menurut dia, dari puluhan korban terdampak dari dua kecamatan tersebut, sebanyak enam orang anak-anak, dua orang balita, dan satu orang bayi, serta selebihnya kelompok remaja dan dewasa.

“Mereka mengungsi ke balai desa setempat,” ujarnya.

Baca juga: Arus pendek di mesin percetakan picu kebakaran di Ciracas

Ia menambahkan, setelah menerima informasi kebakaran, petugas BPBD Aceh Tamiang langsung bergerak menuju lokasi kejadian untuk pemadaman dan pemantauan di lokasi kejadian hingga api berhasil dipadamkan.

Sementara satu orang yang terluka ringan berhasil dievakuasi oleh petugas pemadam kebakaran, yang bernama M Ovi Fianda.

Baca juga: RSUD Bandung Kiwari evakuasi sejumlah pasien ke rumah sakit terdekat
Baca juga: Personel Polres Kolaka beri bantuan 18 korban kebakaran rumah



Catatan Redaksi: Berita ini telah mengalami perbaikan pada judul dan tubuh berita pada hari Rabu (8/2) pukul 18.46 WIB. 

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023