Madiun (ANTARA) - PT Kereta Api (Persero) Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun mengajak semua insan di lembaga setempat untuk meningkatkan budaya keselamatan dalam bekerja terkait peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional ke-53 tahun 2023.

"Seluruh insan KAI agar patuh terhadap budaya keselamatan kerja. Itu menjadi prioritas utama," ujar Vice Presiden PT KAI Daop 7 Madiun Dominicus Agung W.P saat memimpin kegiatan Apel Peringatan Bulan K3 Nasional ke-53 tahun 2023 di halaman Gedung Operational Control Center (OCC) Daop 7 Madiun, Rabu.

Peringatan Bulan K3 Nasional Tahun 2023 mengusung tema "Proaktif dan Kolaboratif Mewujudkan Lingkungan Kerja dan Layanan Perkeretaapian Yang Sehat, Aman, dan Selamat Untuk Keberlangsungan Bisnis Perkeretaapian dan Usaha Penunjangnya".

Agung menjelaskan, melalui momentum tersebut, KAI sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa transportasi akan terus meningkatkan komitmen dari seluruh pekerja KAI dalam hal kedisiplinan.

Baca juga: Wapres dijadwalkan hadiri puncak Bulan K3 dan resmikan BLK di NTB

Baca juga: Menaker luncurkan "Free TBC at Workplaces" di Bulan K3


"Serta konsistensi dalam menjaga serta mengutamakan keselamatan, baik dirinya maupun orang yang bekerja di sekitarnya," kata Agung.

Manager Humas Daop 7 Madiun Supriyanto menambahkan peringatan bulan K3 ini, menjadi momentum bagi pekerja KAI untuk mengingatkan akan pentingnya pemahaman terkait Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Sehingga dapat tercipta tempat kerja yang aman, efisien, dan produktif.

Dalam mewujudkan budaya keselamatan dan keamanan kerja, PT KAI juga terus melakukan pemeriksaan kondisi prasarana dan sarana secara rutin, serta secara proaktif memeriksa titik rawan bencana dan potensi bahaya.

"Sehingga seluruh pekerja yang berada pada lokasi tersebut bekerja dalam keadaan aman," kata Supriyanto.

PT KAI juga aktif meningkatkan komitmen semua pihak agar bersama-sama berkolaborasi meningkatkan keselamatan, khususnya di perlintasan sebidang kereta api.

Seluruh pemangku kepentingan, baik dari kementerian/lembaga, pemerintah pusat dan daerah, asosiasi, serikat pekerja/serikat buruh, swasta, perguruan tinggi, dan media bahkan masyarakat luas, juga diajak untuk selalu mengutamakan keselamatan dirinya saat berada di jalur dan perlintasan sebidang KA.

"KAI Daop 7 Madiun juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang selama ini telah mendukung dan berperan serta aktif dalam menjaga keselamatan kereta api," kata dia.

Pada akhir kegiatan apel bulan K3 tersebut, dilaksanakan simulasi penanganan pekerja yang mengalami kecelakaan saat menjalankan tugas bekerja. Ditampilkan tindakan penanganan yang harus dilakukan oleh masing-masing pekerja dan orang di sekitarnya saat menghadapi teman pekerja yang mengalami kecelakaan kerja.

Mulai dari pemberian pertolongan pertama, melaporkan kepada pihak yang mampu menangani kondisi kritis, hingga membawa korban ke fasilitas kesehatan terdekat.*

Baca juga: Menaker ajak dunia usaha berperan kurangi kasus TBC di tempat kerja

Baca juga: Kemnaker fokus penanganan TBC di tempat kerja untuk Bulan K3 Nasional

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023