Tarakan (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) menyalurkan bantuan senilai Rp401.800.100 untuk para korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

"Bantuan itu tersebut bersumber dari iuran sukarela Aparatur Sipil Negara (ASN) dan tenaga honorer di lingkungan Pemprov Kaltara, serta alokasi dana bantuan keuangan umum APBD Pemprov Kaltara tahun 2022," kata Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang di Tanjung Selor, Bulungan, Jumat.

Bantuan yang diberikan secara simbolis oleh Gubernur Kaltara tersebut merupakan bentuk kepedulian dan kesetiakawanan sosial Pemprov Kaltara terhadap daerah yang mendapat musibah.

Baca juga: Pemkab Lombok Timur salurkan bantuan untuk korban gempa Cianjur

“ASN dan tenaga honor secara spontan mengumpulkan dana, dan terkumpul sebanyak Rp201.800.100 ditambah Rp200 juta dari Pemprov Kaltara,” kata Zainal.

Dia berharap bantuan tersebut dapat memulihkan kembali rumah masyarakat yang rusak terdampak gempa bumi.

Selain itu, ia menyampaikan bahwa masyarakat Kaltara juga ikut merasakan yang dirasakan masyarakat Cianjur.

"Sebagai gubernur, saat upacara HUT Korpri saya mengimbau kepada ASN dan tenaga honor agar menyisihkan sedikit rezekinya untuk membantu meringankan beban saudara-saudara kita di Cianjur, yang tertimpa musibah gempa bumi," katanya.

Baca juga: Pemkab OKU Sumsel salurkan bantuan untuk korban gempa Cianjur

Sementara itu, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kaltara Denny Harianto mengatakan bahwa bantuan keuangan umum APBD Pemprov Kaltara tahun 2022 kepada Pemkab Cianjur sudah sesuai anjuran dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk pemerintah daerah yang ingin membantu korban bencana alam di Cianjur.

“Sumbangan yang berasal dari urunan ASN dan non-ASN akan disalurkan ke rekening donasi. Sedangkan untuk bantuan Rp200 juta dari APBD itu kita salurkan melalui rekening kas daerah Kabupaten Cianjur,” kata Denny.

Menurut dia, iuran dari ASN dan non-ASN di lingkungan Pemprov Kaltara dilakukan seikhlasnya.

Baca juga: Pemprov Babel serahkan bantuan korban bencana kepada Pemkab Cianjur

“Iuran secara sukarela, tidak dipatok berapa angkanya. Itu memang sudah dianjurkan Bapak Gubernur waktu memperingati HUT Ke-51 Korpri, untuk melakukan donasi secara sukarela. Sumbangan ini diharapkan dapat meringankan beban warga yang terdampak gempa di Cianjur,” katanya.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022