Donasi dan bantuan tersebut  merupakan wujud solidaritas kemanusiaan yang akan disalurkan sebaik mungkin untuk membantu masyarakat terdampak
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK) menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Thailand dan Pemerintah Korea Selatan (Korsel) yang telah berpartisipasi membantu warga yang terdampak gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Hal ini disampaikan JK saat menerima donasi untuk korban gempa Cianjur dari pemerintah Thailand sebesar 50.000 dolar AS yang diserahkan langsung oleh Dubes Thailand Prapan Disyatat di Markas PMI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat.

Selain Pemerintah Thailand, PMI juga menerima donasi dari Pemerintah China senilai 100.000 dolar AS, Pemerintah Korea Selatan senilai 500.000 Dolar AS serta Diaspora Indonesia di Los Angeles, Amerika Serikat,  sebesar 23.800 dolar AS.

Donasi dan bantuan tersebut, kata JK,  merupakan wujud solidaritas kemanusiaan yang akan disalurkan sebaik mungkin untuk membantu masyarakat terdampak.

“Kami sudah sediakan fasilitas sanitasi serta layanan distribusi air yang sudah rutin beroperasi sejak H+1 gempa bumi. Kami juga sudah mendistribusikan bantuan dasar seperti paket makanan, kebersihan, hingga paket bayi untuk mempercepat pemulihan,” kata Jusuf Kalla.

Duta Besar Thailand untuk Indonesia Prapan Disyatat menyampaikan Pemerintah Thailand dan komunitas bisnis Thailand mendukung Indonesia selama masa sulit ini.

Pemerintah Kerajaan Thailand memberikan donasi untuk menanggapi kebutuhan mendesak dan memberikan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat yang terkena dampak.

Sementara itu, komunitas bisnis Thailand di Indonesia telah memberikan kontribusi tambahan sebesar Rp115 juta untuk mendukung misi PMI.

"Kami memiliki keyakinan bahwa Palang Merah akan memanfaatkan kontribusi ini untuk manfaat sebesar-besarnya bagi mereka yang membutuhkan. Kami percaya melalui kekuatan kepedulian dan berbagi, kita dapat menyatukan kekuatan kita untuk maju bersama lebih kuat,” katanya.

Hingga saat ini PMI telah mendistribusikan 1,3 juta liter untuk penyintas gempa bumi Cianjur. Sementara barang terdistribusi jumlahnya mencapai 19.961 paket barang.

PMI juga telah membangun sebanyak 319 tenda di sejumlah titik pengungsian. Pelayanan serta distribusi bantuan tersebut akan dilakukan sedikitnya selama enam bulan hingga setahun.

Baca juga: Sejumlah negara salurkan bantuan korban gempa Cianjur via PMI

Baca juga: Grup Mitsubishi serahkan donasi gempa Cianjur lewat PMI

Baca juga: Srikandi PMI dikerahkan bantu penyaluran air bersih ke pengungsian

Baca juga: JK minta pengusaha bantu percepatan pemulihan korban gempa Cianjur

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022