Cianjur (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Kementerian PUPR membantu pembuatan sanitasi dan pipanisasi untuk pendistribusian air bersih ke posko pengungsian dan perkampungan warga terdampak gempa di tiga kecamatan, Cugenang, Cianjur dan Warungkondang.

Wakil Sekretaris PMI Cianjur Heri Hidayat di Cianjur, Jumat, mengatakan pipanisasi yang dibangun tidak hanya untuk pendistribusian air bersih termasuk untuk keperluan mandi cuci kakus (MCK) plus sanitasi yang layak sehingga tidak menimbulkan penyakit di posko pengungsian dan perkampungan, namun PMI juga membangun puluhan bak penampungan.

"Untuk pipanisasi dari bak penampungan ke perkampungan dan posko pengungsian sudah berjalan sejak satu pekan pertama, bahkan untuk bak penampungan atau tandon air yang tersebar milik PMI dan PUPR lebih dari 100 unit, agar warga tidak menggunakan air hujan atau air sungai," katanya.

Heri menjelaskan, hingga hari ke-19 pasca bencana, 17 truk tangki air bersih milik PMI masih beroperasi mendistribusikan air untuk kebutuhan warga terdampak di 112 titik pengungsian dan belasan perkampungan warga di wilayah Cianjur kota yang belum mendapatkan pasokan air dari PDAM Cianjur.

Baca juga: Polda Jabar bersama 5.000 petugas gabungan bersihkan material bangunan

Baca juga: 647 keluarga terdampak gempa di Nagrak dapat bantuan dana stimulan


Sedangkan layanan yang masih berjalan dan akan dilanjutkan hingga tiga bulan ke depan oleh seratusan lebih relawan PMI, kata dia, seperti pelayanan kesehatan secara mobile, pendistribusian logistik, sampai membangun rumah sementara untuk penyintas gempa di Cianjur.

"Kita akan tetap fokus dalam pendistribusian air bersih dan membantu warga dalam membangun pipanisasi air bersih serta berbagai pelayanan lainnya termasuk ambulan gratis," katanya.

Heri menambahkan, sampai saat ini, PMI bersama PUPR telah membangun seratusan lebih sanitasi dan tandon air di tiga kecamatan, Cugenang, Cianjur dan Warungkondang. "Kita akan terus membangunkan sanitasi dan pipanisasi untuk warga sesuai target dan permintaan," katanya.*

Baca juga: Tenda sekolah darurat didirikan polisi di Cianjur bagi korban gempa

Baca juga: Bupati Cianjur minta warga manfaatkan material layak pakai

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022