Balikpapan (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan lima kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengalami hujan disertai petir pada Selasa-Rabu (29-30/11), sehingga semua pihak diminta waspada terhadap dampaknya.

"Hujan disertai petir ini dapat menyebabkan banjir, sungai meluap, pohon tumbang, dan tanah longsor, sehingga kewaspadaan harus ditingkatkan," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Carolina Meylita Sibarani di Balikpapan, Senin.

Baca juga: BMKG: Waspada bencana hidrometeorologi di Kalimantan Timur

Informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten, agar dapat dilakukan antisipasi untuk meminimalisir dampaknya ke masyarakat.

Menurut dia, lima kabupaten yang diprakirakan hujan disertai petir tersebut adalah Kabupaten Paser, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Kutai Barat, dan Mahakam Ulu.

Prakiraan hujan disertai petir di Kabupaten Paser terjadi pada Selasa sekitar pukul 14.00 Wita, 17.00 Wita, dan Rabu dini hari, berpotensi terjadi di Kecamatan Muara Samu, sedangkan kecamatan lainnya diprakirakan hujan ringan hingga sedang.

Baca juga: BMKG Balikpapan ingatkan waspada cuaca ekstrem di Kaltim

Kemudian di Kabupaten Kutai Barat, hujan petir diprakirakan terjadi sekitar pukul 20.00 Wita di Kecamatan Long Iram dan Linggang Bigung, sedangkan pada Rabu dini hari, hujan ringan berpotensi terjadi pada hampir semua kecamatan.

Di Kabupaten Kutai Kartanegara, lanjut dia, pada Selasa sekitar pukul 20.00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Tabang dan Kembang Janggut, kemudian pada Rabu dini hari hujan ringan di Kecamatan Muara Badak, Tabang, Kenohan, dan Tenggarong Seberang.

Di Kabupaten Kutai Timur pada Selasa sekitar pukul 20.00 Wita hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Kongbeng dan Muara Ancalong, pada Rabu dini hari diprakirakan terjadi di Kecamatan Batu Ampar, Muara Wahau, Busang, Long Mesangat, Muara Bengkal, dan Telen.

Baca juga: BNPB: Potensi bencana hidrometeorologi merata pada Desember

"Di Kabupaten Mahakam Ulu, pada Selasa sekitar pukul 20.00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Long Bagun, Laham, dan Long Hubung, pada Rabu dini hari hujan ringan berpotensi terjadi di semua kecamatan," ujar Carolina.

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022