Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Bank of China (BOC) mendonasikan bantuannya sebesar Rp200 juta melalui Palang Merah Indonesia (PMI) untuk membantu proses tanggap darurat bencana (TDB) gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

"Bantuan dari BOC Cabang Jakarta ini tentunya sangat membantu proses TDB di Cianjur, donasi ini akan segera kami salurkan kembali agar bisa cepat dimanfaatkan dalam upaya pemulihan pascagempa," kata Ketua Bidang Dana dan Prasarana PMI Pusat Johnny Darmawan melalui sambungan telepon pada Senin.

Baca juga: PMI percepat distribusi bantuan untuk penyintas gempa di Cianjur

Donasi yang disalurkan oleh BOC diberikan secara simbolis oleh Country Manager BOC (Hong Kong) Limited Jakarta Branch Zhang Chao kepada PMI yang diterima langsung oleh jajaran PMI Pusat di Jakarta pada Senin.

Menurut Johnny, peran mitra PMI dalam membantu penanganan bencana di Indonesia sangat penting. Melalui donasi yang dititipkan para mitra tersebut mampu mempercepat proses penanganan pascabencana.

Baca juga: Jusuf Kalla instruksikan PMI berkolaborasi bantu korban gempa Cianjur

"Seperti donasi dari BOC ini tentunya sangat membantu para penyintas bencana gempa di Kabupaten Cianjur dan bisa mempercepat pemulihan warga dan lokasi yang terdampak bencana," katanya.

Selain itu, aksi kemanusiaan yang dilakukan PMI sejalan dengan misi BOC Cabang Jakarta. Oleh karena itu, kata dia, bentuk dukungan materi maupun nonmateri dari beberapa sektor sangat diperlukan dalam membantu para penyintas gempa di Cianjur.

Baca juga: PMI salurkan air bersih ke pos-pos pengungsian korban gempa di Cianjur

“Kami sangat mengapresiasi dukungan yang diberikan BOC dalam mendukung respons layanan yang dilakukan PMI dan berharap apa yang telah dilakukan BOC dapat menjadi contoh untuk stakeholder lain agar ikut membantu masyarakat terdampak melalui donasi ke PMI," katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum PMI Jusuf Kalla menginstruksikan untuk mempercepat bantuan baik relawan maupun logistik ke lokasi terdampak bencana gempa di Cianjur. PMI pun telah membuka layanan donasi untuk penanganan TDB gempa di Cianjur.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022