Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Pelawak yang tergabung dalam Komando Pasukan Lawak (Koplak) Palang Merah Indonesia (PMI) memberikan motivasi kepada para penyintas bencana gempa khususnya anak-anak yang terdampak gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, untuk membantu pemulihan trauma.

"Layanan utama dalam respons PMI ini bertujuan membantu penyintas bencana pulih dari trauma akibat bencana," kata salah seorang pelawak Alfiansyah di Cianjur, Senin.

Baca juga: Pelawak dan badut menghibur korban gempa Cianjur di pengungsian

Menurut Komeng nama tenarnya, yang juga merupakan Pengurus Bidang Bencana PMI Kabupaten Bogor, pemulihan trauma untuk para penyintas ini merupakan hal yang penting pada saat masa tanggap darurat bencana.

Ia bersama rekan-rekannya sesama pelawak dan relawan PMI tidak hanya menghibur dan memberi hadiah, tetapi lebih memberikan semangat atau motivasi bahwa para penyintas ini mampu melewati masa-masa sulit serta kembali bangkit.

Baca juga: Polri hibur anak terdampak gempa Cianjur dengan film kartun

Menurut dia, Koplak merupakan relawan PMI yang dibentuk untuk layanan dukungan psikososial PMI diterjunkan ke lokasi bencana bertujuan membantu penyintas bencana pulih dari trauma.

“Kami tidak punya niatan lain, kami datang ke sini tulus ingin membantu dengan cara menghibur serta memberikan motivasi-motivasi yang diselingi dengan lawakan agar para penyintas ini bisa perlahan melupakan kegetiran yang mereka alami akibat bencana gempa," katanya.

Baca juga: TNI AL gunakan Smart Truck untuk hibur anak-anak korban gempa Cianjur

Pada kegiatan ini Koplak PMI yang juga menggandeng komunitas Aku Badut Indonesia (ABI) berhasil memancing gelak tawa anak-anak dan warga di pengungsian Lapangan Prawatasari, Kampung Joglo, Desa Sawah Gede, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022