Pengalaman ANTARA yang menjadi kantor berita sejak sebelum kemerdekaan hingga jaman digital seperti saat ini, menjadi daya tarik dari BEM UI untuk berkunjung dan melihat jauh pada sejarahnya
 Jakarta (ANTARA) -
Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) mengunjungi Kantor Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA untuk mempelajari dinamika pemberitaan dan jurnalisme masa kini.
 
"Harapannya yang utama menjalin relasi, ini juga kunjungan pertama ke sini. Dan juga belajar banyak dari ANTARA yang sudah lama sekali. Banyak pengalaman dan dinamika siaran pemberitaan dan jurnalisme dan pers," kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat UI, Navio R. H. Pratama, di Jakarta, Senin.
 
Dalam kesempatan ini, BEM UI membawa perwakilan dari tujuh fakultas, yakni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Psikologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB), Fakultas Teknik dan Program Pendidikan Vokasi UI.

Baca juga: Mahasiswa tertarik dalami jurnalistik kantor berita

Baca juga: Mahasiswa Jurnalistik UIN Jambi akhiri kuliah MBKM di LKBN ANTARA


Ia menjelaskan dari kunjungannya ke ANTARA ini bisa memberikan pembelajaran bagi BEM UI bagaimana beradaptasi dengan pemberitaan di masa kini.
 
"Harapannya bisa belajar dari pengalaman ANTARA, kita melihat bagaimana ANTARA beradaptasi dan strategi yang mungkin bisa diterapkan di BEM UI ke depannya," katanya.

Pengalaman ANTARA yang menjadi kantor berita sejak sebelum kemerdekaan hingga jaman digital seperti saat ini, katanya,  menjadi daya tarik dari BEM UI untuk berkunjung dan melihat jauh pada sejarahnya. Dan ia juga berharap pembelajaran masa lalu bisa direfleksikan pada kehidupan di masa kini.
 
Saat ini, pada beberapa fakultas di UI memiliki Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) berupa ekstrakurikuler penyiaran Radio Telekomunikasi Cipta Universitas Indonesia atau RTC UI FM yang berisi kegiatan kemahasiswaan dan berbagai isu terkini mulai dari musik hingga isu sosial, demikian Navio R.H Pratama.

Baca juga: LKBN ANTARA buka pelatihan magang jurnalistik mahasiswa UIN Mataram

Baca juga: LKBN ANTARA-FISIPOL UMPR latih jurnalistik mahasiswa di Palangka Raya

Baca juga: Mahasiswa USIM antusias ikuti ceramah kebebasan pers Indonesia

Baca juga: Mahasiswa Unmuh Belajar Kenali Sejarah ANTARA

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022