Banjarmasin (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mendapatkan penghargaan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen-LHK) RI pada peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia tahun 2022, Senin.

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor yang melakukan kegiatan menanam pohon di Agro Wisata Sultan Adam, Kabupaten Banjar, hari ini menerima piagam penghargaan sebagai pembina penyuluh kehutanan dari Men-LHK Siti Nurbaya.

Baca juga: Blibli tanam 3.000 bibit mangrove di Semarang

Plt Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Kemen-LHK Ade Palguna menyerahkan secara langsung piagam penghargaan itu kepada Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor.

Ade Palguna menyatakan, penghargaan ini diberikan atas suksesnya program revolusi hijau yang diinisiasi Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor.

"Program Pak Gubernur ini telah berhasil menggerakkan penyuluh kehutanan untuk melakukan pendampingan kepada kelompok tani," ujarnya.

Baca juga: Wali Kota Jakut ajak semua pihak wujudkan RTH 30 persen di DKI Jakarta

Melalui program revolusi hijau yang digelorakan, Kalsel telah secara nyata mempelopori pelestarian lingkungan dengan cara menanam untuk anak cucu, ujarnya.

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor yang mengikuti penanaman pohon sebanyak 4.000 batang dari PT PLN Kalselteng, di antaranya pohon buah-buahan yang sudah langka, menyatakan syukur atas penghargaan tersebut.

Baca juga: Pelindo Labuan Bajo tanam 5.000 bibit mangrove

Menurut dia, penghargaan ini menjadi pelecut semangatnya untuk terus berkontribusi positif dalam pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan.

Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel tersebut, juga mengajak semua pihak untuk menyukseskan gerakan revolusi hijau.

Karena, lanjut dia, menanam pohon menjadi sedekah bagi lingkungan dan kehidupan umat manusia.

Baca juga: Mantra melestarikan pohon demi merawat Bumi
Baca juga: Akademisi UI: Pepohonan sangat penting mengurangi emisi CO2

Pewarta: Sukarli
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2022