ASEAN sangat gembira mengetahui kami memiliki kontribusi terhadap terciptanya momentum ke arah perdamaian antara dua Korea ini....
Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal ASEAN, Surin Pitsuwan, menyambut baik pertemuan bilateral antara pejabat tinggi Korea Utara dan Korea Selatan yang diadakan di sela-sela rangkaian pertemuan menlu-menlu ASEAN dan negara mitranya di Nusa Dua, Bali, Jumat.

"Ini adalah momentum ke arah Pertemuan Enam Pihak. ASEAN sangat gembira mengetahui kami memiliki kontribusi terhadap terciptanya momentum ke arah perdamaian antara dua Korea ini," kata Surin sesaat setelah mengadakan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Korea Utara, Pak U`i-ch'un, pada Jumat malam.

Pertemuan Enam Pihak yang melibatkan Korea Utara, Korea Selatan, Amerika Serikat, Jepang, China dan Rusia juga diharapkan bisa segera diadakan lagi setelah pertemuan terakhir pada 2008.

Surin mengatakan dari perbincangannya dengan Pak, didapat informasi bahwa Korea Utara puas dengan pertemuan pejabat tinggi dengan Korsel itu.

Ditanya mengenai apa topik yang didiskusikan dalam pertemuan pejabat tinggi dua Korea tersebut, Surin mengatakan Pak tidak menyebut secara spesifik apa saja tema yang dibicarakan.

"Kita tidak tahu apa yang terjadi di dalam pertemuan tersebut, namun yang paling penting adalah Korut merasa momentum pertemuan di Bali adalah suatu kemajuan yang mengarah ke perdamaian antar dua Korea," kata Surin.

Sebelumnya diberitakan utusan nuklir Korea Selatan dan Korea Utara diperkirakan akan bertemu di sela-sela Forum Asia di Bali pada Jumat dalam kontak tingkat tinggi pertama mereka. Ini merupakan pertemuan pertama mereka sejak meningkat ketegangan di semenanjung Korea tahun lalu.

Kantor berita Korea Selatan, Yonhap, menyatakan, Wi Sung-lac, utusan nuklir Korea Selatan, dan Ri Yong-ho, wakil menteri luar negeri Korea Utara yang menangani diplomasi nuklir, diduga akan bertemu untuk pembicaraan tidak resmi di sela-sela pertemuan para menteri luar negeri ASEAN.

Sebelumnya, negara-negara ASEAN dalam pertemuan dengan China, Jepang dan Korea Selatan (ASEAN+3) di Bali, Rabu (20/7) menyatakan imbauannya agar dua Korea bertemu dan menghidupkan lagi proses negosiasi. (ANT)

 



Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011