Karena orang juga sudah bosan di rumah, pingin ke Bali, Jogja, Banyuwangi atau kemana lagi
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan akan meresmikan pembukaan kembali pariwisata di Banyuwangi, Jawa Timur, pada Rabu (29/7).

"Rabu saya akan buka lagi, bersama Menteri Pariwisata, wisata di Banyuwangi. Tanggal 30 (Juli) kita (buka) di Bali, dan terus bertahap di beberapa tempat yang ada itu kita mulai tingkatkan," katanya dalam acara Sore Bersama LBP yang disiarkan secara daring, Sabtu.

Luhut mengungkapkan pemulihan pariwisata karena pandemi dan instabilitas politik membutuhkan waktu rata-rata 10 bulan. Meski pandemi COVID-19 belum berakhir hingga kini, ia mengaku pemerintah perlahan mulai membuka kembali sektor pariwisata.

Menurut Luhut, dengan dibukanya pariwisata diharapkan ada penyerapan kembali tenaga kerja secara cepat.

"Karena orang juga sudah bosan di rumah, pingin ke Bali, Jogja, Banyuwangi atau kemana lagi," katanya.

Mantan Menko Polhukam itu menambahkan, berdasarkan laporan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, saat ini pergerakan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, sudah mencapai sekitar 45 persen.

"Bertahap kita naikkan. Itu dua minggu lalu sekitar 20 persen. Sekarang meningkat, kita berharap kalau semua keadaan terkendali, bisa akan 50 persen dalam beberapa hari ke depan," katanya.

Di lingkup Kemenko Maritim dan Investasi, juga ada kebijakan perjalanan dinas tujuh kementerian di bawah kemenko tersebut. Perjalanan dinas diklaim dilakukan untuk mendorong serapan anggaran, menggerakkan ekonomi, serta mendukung industri penerbangan.

"Ada yang mengkritik terkait perjalanan dinas sekarang, namun bila tidak dilakukan itu, pariwisata tidak akan jalan," ujar Luhut secara terpisah melalui keterangan tertulis.

Baca juga: Luhut prediksi Banyuwangi-Bromo banyak dikunjungi saat normal baru

Baca juga: Doni Monardo puji sertifikasi protokol kesehatan pariwisata Banyuwangi


Baca juga: Direktur Lalu Lintas Keimigrasian cek kesiapan Bali buka pariwisata

Baca juga: Gubernur Bali bantah larang wisman ke Pulau Dewata, ini penjelasannya

 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2020