12 mahasiswa asal PNG dipulangkan akibat COVID-19

12 mahasiswa asal PNG dipulangkan akibat COVID-19

Kepala Biro Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Pemprov Papua Suzana Wanggai. (ANTARA/Evarukdijati)

Jayapura (ANTARA) - Sebanyak 12 mahasiswa asal Papua Nugini (PNG) dijadwalkan Rabu (15/7) dipulangkan ke negaranya melalui Bandara Sentani, Jayapura, Papua, dengan menggunakan pesawat Air Niugini.
 
Kepala Biro Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Pemprov Papua Suzana Wanggai kepada ANTARA di Jayapura, Senin, mengakui mahasiswa asal PNG yang menerima beasiswa sebelumnya kuliah diberbagai perguruan tinggi di Indonesia.
 
Suzana mengungkapkan mereka dijadwalkan berangkat dari Jakarta, Selasa malam (14/7), tiba di bandara Sentani Rabu (15/7) dan siang harinya langsung diberangkatkan dengan menggunakan Air Niugini.

Baca juga: 24 WNI berhasil dipulangkan ke Indonesia dari PNG
 
Dia menjelaskan bahwa ke-12 mahasiswa penerima beasiswa dan kuliah diberbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia dipulangkan akibat merebaknya pandemi COVID-19.
 
Pesawat Air Niugini yang akan membawa mahasiswa asal PNG itu memang dicarter khusus membawa mereka, kata Suzana.

Susi, panggilan akrab Suzana Wanggai mengaku, sebelumnya 30 Juni lalu sebanyak 30 warga PNG dipulangkan melalui PLBN Skouw.
 
Ke-30 warga Negara PNG yang dipulangkan sebagian besar mantan narapidana berbagai kasus kriminal yang sudah selesai menjalani hukuman, jelas Suzana Wanggai.

PLBN Skouw, merupakan pos lintas batas yang berbatasan dengan Wutung, PNG.

Baca juga: Kantor Imigrasi Jayapura pulangkan 30 WNA asal PNG

Baca juga: Perbatasan RI-PNG ditutup, 25 WN PNG diamankan di Rudemin Jayapura
Pewarta : Evarukdijati
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2020