Sementara pagu anggaran yang disediakan untuk program BLT dana desa sebesar Rp48,97 miliar, sedangkan realisasinya sekitar Rp41,75 miliar
Kudus (ANTARA) - Jumlah anggaran dana desa di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, yang diperuntukkan untuk program bantuan langsung tunai (BLT) mencapai Rp41,75 miliar, kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kudus Adi Sadhono Murwanto.

"Sementara pagu anggaran yang disediakan untuk program BLT dana desa sebesar Rp48,97 miliar, sedangkan realisasinya sekitar Rp41,75 miliar," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kudus Adi Sadhono Murwanto di Kudus, Rabu.

Adapun total alokasi dana desa pada 2020 yang diterima Kabupaten Kudus sebesar Rp149,08 miliar.

Ia mengungkapkan anggaran untuk program BLT sebesar Rp41,75 miliar berasal dari 122 desa di Kabupaten Kudus dan masih ada satu desa yang belum menganggarkan karena masih proses penyusunan APBDes.

Nilai BLT yang diberikan kepada masyarakat untuk per bulannya, kata dia, sebesar Rp600.000 dan bantuan akan diberikan selama tiga bulan, yakni April, Mei dan Juni.

Sementara total penerima bantuan langsung tunai (BLT) dari 122 desa sebanyak 23.195 keluarga.

Penyalurannya sendiri, lanjut dia, sudah dimulai Senin (18/5) untuk 11 desa, sedangkan desa lainnya menyusul sesuai jadwal yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Penyalurannya sendiri ada yang melalui Bank Jateng syariah serta melalui Bank Jateng konvensional.

Hingga Rabu (20/5) diperkirakan sudah ada 50-an desa yang akan menyalurkan BLT terhadap warga terdampak COVID-19 tersebut, sedangkan desa lainnya setelah libur lebaran akan dilanjutkan seluruh desa yang belum.

Baca juga: Pengusutan dugaan penyimpangan dana desa di Kudus tunggu audit BPK

Baca juga: 14 desa di Kudus belum cairkan Dana Desa tahap ketiga

Baca juga: Semua desa di Kudus diminta segera cairkan dana desa sebelum Pilkades

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2020