16 negara ikuti Simposium World Zakat Forum Youth 2020

16 negara ikuti Simposium World Zakat Forum Youth 2020

Sekjen World Zakat Forum Bambang Sudibyo saat mengikuti International World Zakat Forum (WZF) Youth 2020, 16-17 Mei 2020. (ANTARA/HO-Baznas)

Jakarta (ANTARA) - Lebih dari 60 tokoh organisasi pengelola zakat dari 16 negara bergabung dalam simposium International World Zakat Forum (WZF) Youth 2020 yang berlangsung secara daring melalui konferensi video.

"Simposium Pemuda WZF dirancang oleh Sekretariat WZF untuk membahas peran dan kontribusi amil muda profesional, akademisi zakat muda, peneliti zakat muda dan pemangku kepentingan zakat muda lainnya dalam gerakan zakat kontemporer," kata Sekjen WZF Bambang Sudibyo dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin.

Simposium tersebut digelar pada 16-17 Mei 2020 dengan tema "Peran Milenial dalam Pergerakan Zakat Global". Terdapat dua diskusi utama, yaitu "Pemuda sebagai Aktor Kampanye Zakat Global" dan "Menuju Popularitas Pergerakan Zakat Global dengan Amil Profesional WZF Muda".

Bambang mengatakan Pemuda WZF dibutuhkan para pemimpin masa depan.

Baca juga: BAZNAS ajak masyarakat menengah-atas bantu satu keluarga tidak mampu

Melalui forum zakat global yang diselenggarakan itu, setiap pihak saling bertukar informasi dan ilmu serta membuka jaringan internasional antarorganisasi pengelola zakat dunia yang memiliki reputasi baik.

"Semoga lewat simposium akan mengarah pada resolusi terbentuknya sayap kepemudaan WZF, yang dapat disebut WZF Youth. WZF Youth ini dapat diusulkan untuk dibentuk secara resmi saat pertemuan tahunan WZF tahun ini. Pembentukan ini harus membuat WZF lebih besar, lebih kuat, memiliki reputasi yang lebih baik," kata dia.

Ketua Komite Simposium WZF Youth 2020 Hafiza Elvira Nofitariani mengatakan Pemuda WZF merupakan forum untuk membahas perspektif zakat dan perkembangannya di seluruh dunia dari pandangan kaum pemuda.

Forum itu terbuka untuk amil muda dan kalangan pemuda lainnya yang memiliki ketertarikan dengan zakat dan dunia filantropi Islam.

"Saya berharap ke depannya WZF Youth dapat mengundang lebih banyak pemuda untuk bergabung dan menjadi aktivis zakat secara global melalui kegiatan diskusi, program pertukaran, dan kegiatan lainnya," katanya.

Baca juga: Kepala daerah diajak Ketua Baznas berperan aktif geliatkan zakat
Baca juga: Kemenag-BAZNAS bantu pegiat dakwah terdampak COVID-19
Pewarta : Anom Prihantoro
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020