Jakarta (ANTARA) - Perusahaan rintisan atau startup di bidang kesehatan, ProSehat akan menggelar rapid test atau tes cepat COVID-19 secara gratis bagi tenaga kesehatan melalui sistem drive thru.

Hal ini dilakukan mengingat peran tenaga kesehatan sebagai garda terdepan dalam penanganan COVID-19 sehingga memiliki resiko penularan yang tinggi.

“ProSehat Drive Thru diadakan karena semua tenaga kesehatan dianggap beresiko sebab berhadapan dengan pasien langsung. Jadi, ada atau tidak gejala dilakukan screening dahulu melalui rapid test,” jelas Founder ProSehat dr. Gregorius Bimantoro, melalui keterangan pers yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Hyundai bantu 10.000 APD untuk tenaga medis Jabar

Baca juga: Halodoc dan Gojek sediakan rapid test COVID-19 "drive thru" gratis


Faktor Orang Tanpa Gejala (OTG) berperan dalam menumbuhkan resiko penularan terhadap tenaga kesehatan yang didatangi pasien. Selain itu sejumlah pasien yang tidak jujur mengenai riwayat perjalanannya turut menambah daftar faktor resiko penularan COVID-19 terhadap tenaga kesehatan, jelas Gregorius.

Hingga saat ini, tercatat ribuan tenaga kesehatan yang sudah mendaftar untuk menjalani rapid test, dan lebih dari 500 di antaranya sudah diperiksa. Tenaga kesehatan yang terdaftar termasuk perawat dan dokter yang praktik di RS maupun klinik yang merawat pasien dan suspek COVID-19, baik di RS rujukan Pemerintah atau bukan.

"Kegiatan ini berlangsung selama 15 hingga 25 April. Semua nakes yang sudah melakukan rapid test ini akan dipantau harian oleh ProSehat sesuai protokol yang berlaku. Jika ada hasil rapid test yang positif, maka sesuai alur yang telah dirumuskan di pedoman Kemenkes RI, nakes tesebut perlu dipastikan dengan PCR swab," kata Gregorius.

Dalam melakukan kegiatan ini, ProSehat bekerja sama dengan empat mitra klink yang tersebar di Jakarta, Bekasi, dan Tangerang Selatan. Keempat klinik tersebut adalah Klinik Sehat Indonesia Palmerah Jakarta, Klinik Pintar Bhakti Insani Bekasi, Klinik Atma Jaya Kampus III BSD, dan Klinik Holicare ITC BSD.

Kegiatan itu turut didukung Gugus Tugas COVID-19 dan Kemenkes RI.

“Untuk pendaftaran ProSehat Drive Thru bagi para rekan sejawat dilakukan melalui portal resmi Prosehat.com atau chat dokter ProSehat di WhatsApp 0811-1816-800,” tutup dr. Gregorius Bimantoro.

Baca juga: Siloam Hospitals Group gelar "drive thru" rapid tes COVID-19

Baca juga: Kisah dua selebritas melawan COVID-19, dan berhasil sembuh

Baca juga: Detri Warmanto tingkatkan imunitas selama isolasi diri

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020