Jangan paksakan diri untuk mudik saat wabah virus ini
Medan (ANTARA) - Kasatlantas Polrestabes Medan AKBP Sonny W Siregar mengatakan pelaksanaan hari pertama Operasi Ketupat Toba 2020 di wilayah hukum Polrestabes Medan, Polda Sumatera Utara dilaksanakan pada tiga titik check point.

"Yaitu Pos Diski Kampung Lalang wilayah hukum Polsek Sunggal, Pos Green Hill Sibolangit wilayah hukum Polsek Pancur Batu, dan Pos Riverat Tanjung Morawa wilayah hukum Polsek Patumbak," ujar AKBP Sonny, di Medan, Jumat.

Ia mengatakan, cara bertindak dalam kegiatan Operasi Ketupat Toba 2020 ini, yaitu menempatkan water barrier di badan jalan dengan model zig zag, sehingga diharapkan ada perlambatan laju kendaraan. Selain itu, untuk memudahkan personel melakukan pemeriksaan terhadap para pengemudi dan penumpang yang melakukan mudik.

"Untuk pos mudik dalam tahap pengerjaan yang diharapkan akan selesai malam atau paling lambat besok (Sabtu, 25/4). Situasi pelaksanaan Operasi Ketupat Toba 2020 berjalan aman dan lancar," katanya lagi.
Baca juga: Pangdam I/BB apresiasi keberhasilan Operasi Ketupat Toba 2019


Sebelumnya, Kasatlantas Polrestabes Medan AKBP Sonny W Siregar menyarankan kepada warga masyarakat agar menunda kegiatan mudik tahun ini, karena wabah COVID-19 masih terjadi di Tanah Air.

"Bagi warga masyarakat tetap patuhi protokoler COVID-19, selalu pakai masker, jaga jarak, dan jangan paksakan diri untuk mudik saat wabah virus ini," ujar Sonny, di Medan, Kamis (23/4).

Ia mengatakan, jumlah titik pengawasan larangan mudik saat ini, dan sudah mengusulkan tiga titik.
Baca juga: IPW minta Polri tingkatkan Operasi Ketupat cegah COVID-19 saat mudik


Namun untuk tiga titik ini perlu dibahas dalam rapat nanti. "Kami usulkan ada tiga titik. Namun belum fix dan perlu kita rapatkan nanti," ujarnya pula.

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020