Jakarta (ANTARA) - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyatakan para pemimpin negara-negara G7 sepakat mendukung Olimpiade tuntas, sekalipun dia menepis pertanyaan apakah G7 membahas penundaan Olimpiade karena pandemi virus corona.

Abe menyatakan dia sudah berbicara dengan pemimpin G7 lainnya, "Kami melakukan segalanya dalam kuasa kami untuk mempersiapkan (Olimpiade), dan kami menginginkan tujuan menuntaskan perhelatan ini sebagai bukti bahwa umat manusia bisa mengalahkan virus corona baru."

Para pemimpin G7 telah mengutarakan dukungan mereka, kata dia kepada wartawan sekitar tengah malam di Tokyo setelah para pemimpin negara G7 menggelar pertarungan luar biasa lewat konferensi video.

Baca juga: IOC bersiap tinjau ulang dampak COVID-19 terhadap Olimpiade Tokyo

Baca juga: Pawai obor api Olimpiade 2020 di Yunani dihentikan


Ketika ditanya secara khusus apakah ada pemimpin G7 yang meminta penundaan, Abe berulang kali menyampaikan jawaban yang sama.

Dalam pertemuan itu, para pemimpin G7 akan melakukan apa saja untuk memerangi pandemi virus corona dan bekerja sama lebih erat lagi dalam melindungi kesehatan publik, lapangan kerja, dan pertumbuhan, dan menyampaikan pernyataan yang menjanjikan untuk mengatasi risiko kesehatan dan ekonomi.

Virus ini sudah menginfeksi hampir 180 ribu orang dan membunuh 7.000 orang di seluruh dunia, dan pusat penyebaran virus telah bergeser dari China ke Eropa. Turnamen dan kompetisi olah raga di seluruh benua Eropa telah ditunda atau dibatalkan, sehingga merusak persiapan atlet ke Olimpiade Tokyo.

Baca juga: 69,9 persen warga Jepang setuju Olimpiade 2020 ditunda

Baca juga: Jepang tegaskan Olimpiade jalan terus walau Trump minta ditunda

 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020