Koordinasi dan rekonstruksi kembali perlahan akan dilakukan besok (hari ini)
Makassar (ANTARA) - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengatakan 1.240 rumah di Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) mengalami kerusakan akibat diterjang angin puting beliung hingga Selasa malam.

Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, selain ribuan unit rumah mengalami rusak ringan, sedang dan berat, juga terdata dua orang korban luka akibat musibah ini, yakni Jumadil (12 tahun) dan Khumaera (9 tahun).

"Kami bersama tim BPBD dan Dinas Sosial Provinsi Sulsel telah memberikan dan mengirim logistik. Koordinasi dan rekonstruksi kembali perlahan akan dilakukan besok (hari ini) untuk beberapa unit rumah," ucap Andi Sudirman dalam keterangannya di Makassar, Rabu.

Baca juga: Anging puting beliung robohkan 15 tiang listrik di Baubau

Ia menambahkan, perencanaan bersama TNI-Polri, Pemerintah Daerah (Pemda), Pemerintah Provinsi (Pemprov) serta pusat, untuk pemulihan secara terstruktur akan segera dilakukan.

"Kami meminta kepada seluruh pemangku kepentingan untuk mendoakan dan ikut berpartisipasi aktif dalam membantu saudara kita yang terkena musibah, semoga Allah Subhanahu Wata'ala memudahkan. Aamiin," ujarnya.

Lurah Batulappa, Kabupaten Sidrap, Mansyur, menyatakan rasa syukur dan mengapresiasi respon cepat dan bantuan yang diberikan Andi Sudirman Sulaiman beserta tim.

"Korban yang dikunjungi langsung oleh Wagub yakni Asis Laman, Usman/Najirah, korban yang luka Jumadil (12) tahun dan Khumaera (9) tahun," ungkapnya.

Baca juga: Puting beliung merusak 27 rumah warga di Wakatobi

Detail kerugian korban, kata Mansyur, mulai Rp1 juta hingga Rp50 juta.

"Kami berharap agar Pemerintah Provinsi memperhatikan semua kejadian yang ada di Kabupaten Sidrap dan ini bukti dan gerakan hati nurani Pak Wagub. Dan ke depannya kami meminta agar ditindaklanjuti," harapnya.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020