Ekspedisi DAS Kapuas diharapkan menjangkau warga hulu sungai

Ekspedisi DAS Kapuas diharapkan menjangkau warga hulu sungai

Kadis Sosial PP dan PA Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Kapuas Hulu, Martha Banang saat memotivasi warga untuk mengunakan KB MKJP di atas Kapal Bandong, Minggu (3/11).  (ANTARA/Slamet Ardiansyah)

Pontianak (ANTARA) - Pelaksanaan KB bergerak atau ekspedisi Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) Daerah Aliran Sungai (DAS) Kapuas BKKBN Kalbar diharapkan dapat menjangkau hingga kepada warga di paling hulu Sungai Kapuas, Kalbar, kata Kadis Sosial PP dan PA Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Kapuas Hulu, Martha Banang.

"Banyak desa di sepanjang hulu sungai ini yang belum terjamah. Dari empat kali kegiatan ini, misalnya Semitau, Jongkong, Suaid Hilir dan masih banyak lagi yang belum terjamah," kata Martha Banang di Kapuas Hulu, Senin.

Menurut dia, hal itu sangat penting dilakukan karena sangat berpengaruh terhadap usaha pemerintah dalam mewujudkan pembangunan SDM dan keluarga yang sejahtera dan bahagia.

Baca juga: Pelayanan KB DAS Kapal Bandong menginspirasikan Dinkes Sekadau

"Di Kapuas Hulu ini masyarakatnya banyak bertempat tinggal di sepanjang aliran Sungai Kapuas. Di tambah lagi minimnya tenaga bidan pelayanan KB, khususnya KB MKJP dan sulitnya akses di daerah tersebut sehingga hal itu tentu saja sangat mempengaruhi pembangunan melalui program KKBPK khususnya dalam pencapaian sasaran penggunaan KB MKJP," kata Martha.

Ia mengatakan, sebenarnya hingga saat ini kesadaran masyarakat dalam pengunaan KB MKJP baik itu IUD, Implan maupun Vasektomi itu sangat besar.

"Di sini masyarakat kami sudah menyadari manfaat penggunaan KB MKJP. Mereka percaya selain untuk menjarangkan kelahiran anak juga sangat baik untuk merencanakan membentuk keluarga sejahtera dan bahagia. Hanya kendalanya yaitu, kurangnya tenaga bidan pelayanan KB MKJP dan sulitnya akses," katanya.

Makanya, kata Martha pihaknya sangat terbantu dengan adanya kegiatan pelayanan KB bergerak DAS Kapuas dari BKKBN dengan Kapal Bandong ini.

"Kami sangat terbantu dengan kegiatan ini. Mudah-mudah tahun depan Kapal Bandong pelayanan KB MKJP BKKBN Kalbar ini dapat lebih jauh menjangkau untuk memberi pelayanan KB MKJP ke daerah-daerah di paling hulu aliran Sungai Kapuas yang membentang di Kabupaten Kapuas Hulu," katanya.

Baca juga: BKKBN Kalbar beri pelayanan KB gratis kepada warga perbatasan
Pewarta : Andilala dan Slamet Ardiansyah
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019