Solo ada dua kegiatan terkait pelantikan Presiden Jokowi

Solo ada dua kegiatan terkait pelantikan Presiden Jokowi

Sejumlah relawan Kami Bersama Jokowi (KBJ) dengan mengenakan pakaian adat jawa dan kostum pewayangan sata acara syukuran atas pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2019-2024, di depan Plaza Manahan Solo, Minggu. (ANTARA/Bambang Dwi Marwoto)

Solo (ANTARA) - Kepala Polres Kota Surakarta AKBP Andy Rifai menyebutkan wilayah Solo, Jawa Tengah, ada dua kegiatan terkait acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin.

Dua kegiatan terkait acara pelantikan Presiden terpilih, yakni syukuran di depan Plaza Manahan Solo, dan Nonton Bareng (Nobar) di kawasan Ngarsopuro Solo, kata Andy Rifai, disela pantauan pengaman di Solo, Minggu.

Menurut Andy Rifai, Polri bersama TNI di wilayah Solo telah melaksanakan cipta kondisi sejak Jumat (18/10) hingga sekarang dalam rangka pengamanan acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, di wilayah Solo.

"Kami bersama TNI melaksanakan kegiatan yang sifatnya mobiling berupa patroli sekala besar hingga sekarang situasi kondusif dan aman," katanya bersama Komandan Korem 074 Warastratama Kolonel Inf. Rafael Granada Baay.

Baca juga: Jelang pelantikan, Jokowi mengaku biasa saja

Baca juga: Pelantikan Presiden dihadiri sejumlah tokoh

Baca juga: Sebelum pelantikan presiden, Jokowi momong cucu


Andy Rifai melakukan pengamanan di titik-titik yang menjadi pusat untuk kegiatan syukuran dan nonton bareng pelantikan hingga kini situasi tetap kondusif hingga selesai pelantikan.

Menyinggung soal pengamanan di kediaman Presiden Jokowi di Sumber Solo, kata dia, seluruh keluarga Presiden berangkat ke Jakarta menghadiri pelantikan. Mereka ke Jakarta yang terbagi dua gelombang, yakni Jumat (18/10) dan Sabtu (19/10).

"Pengamanan di kediaman beliau dibuat pola tiga ring, yakni pertama dari Paspampres,dan ring kedua dan ketiga dari TNI/Polri yakni anggota dari Korem, Kodim, dan Polresta," katanya.

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan kepada Wali Kota Surakarta untuk syukuran tidak boleh dilakukan di jalan-jalan, sehingga tidak ada kegiatan arak-arakan atau lainnya.

Berdasarkan pantauandi kawasan kediaman Presiden Jokowi, di Sumber Solo, terlihat mendapat penjagaan ketat oleh aparat keamanan gabungan baik dari TNI maupun Polri.

Namun, kawasan kediaman Presiden Jokowi Sumber Solo, tidak terlihat adanya kiriman karangan bunga ucapan selamat, terkait acara pelaksanaan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019--2024.
 
Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019