Satpolair Bengkayang patroli di perairan Natuna cegah konflik nelayan

Satpolair Bengkayang patroli di perairan Natuna cegah konflik nelayan

Jajaran Sarpolair Bengkayang bersama nelayan saat pembinaan masyarakat. (Wati)

Pontianak (ANTARA) - Jajaran Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polres Bengkayang, Kalimantan Barat melakukan patroli rutin di perairan Natuna terutama di musim penangkapan cumi dalam rangka mencegah dan menghindari konflik antar-nelayan.

"Di perairan Natuna yang saat ini sedang musim tangkap cumi membuat nelayan dari luar berdatangan untuk menangkap cumi tersebut yang merupakan jenis ikan untuk komoditi ekspor. Nah, dengan situasi yang ada kita lakukan patroli rutin untuk mencegah terjadi konflik antar-nelayan lokal dan dari luar," ujar Kasat Polair AKP Apep Syamsul Hakim saat dihubungi di Bengkayang, Kamis.

Ia menyebutkan bahwa meski saat ini kondisi perairan masih relatif aman namun tidak membuat jajarannya dari Satpolair terlena.

"Selain patroli kita juga melakukan bimbingan masyarakat di perairan baik itu terhadap nelayan lokal maupun nelayan yang datang dari luar wilayah," papar dia.

Menurutnya bimbingan masyarakat sangat penting sebagai upaya menekan terjadinya konflik diantara nelayan yang sering terjadi di musim tangkap.

“Bimbingan kepada masyarakat kami laksanakan pada saat patroli rutin dengan menyambangi kapal nelayan yang sedang lego jangkar agar tidak bertindak anarkis ketika bertemu dengan nelayan yang datang dari luar wilayah," papar dia.

Apep menambahkan bahwa pihaknya juga melakukan bimbingan masyarakat di dermaga pada saat kapal nelayan sedang bersandar.

"Upaya pencegahan dan edukasi masyarakat terus kita lakukan. Pembinaan penting agar Kamtibmas di perairan terjaga," kata dia.

Pihaknya berharap kepada nelayan agar tidak terpancing isu yang dapat menimbulkan gangguan Kamtibmas di perairan. Semua nelayan masing-masing menjaga Kamtibmas. Jika ada terjadi kendala untuk segera menginformasikan kepada pihaknya. Sehingga apa pun persoalan bisa dicarikan solusi.

"Kemudian apabila terjadi sesuatu di laut agar langsung menghubungi Satpolair. Kami akan tindaklanjuti dan terus memantau kondisi laut saat musim tangkap," papar dia.

Baca juga: Satpolair Bangka Barat minta nelayan waspadai angin kencang

Baca juga: Satpolair amankan tiga kapal trawl di perairan Pongok Bangka

Baca juga: Polisi minta kapal cepat lengkapi alat keselamatan

Pewarta : Dedi
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2019