pemulangan pengungsi termasuk yang ingin kembali ke Wamena gratis,
Jayapura (ANTARA) - Pangkalan Udara Silas Papare, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat  kembali menerbangkan hercules TNI AU untuk mengangkut 104 pengungsi kembali ke Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

Jumat (11/10) ini sudah diterbangkan dengan menggunakan hercules A 1336, kata Dan Lanud Silas Papare Marsma TNI Tri Bowo di Papua, Jumat.
Dikatakan, pemulangan pengungsi ke Wamena sudah dilakukan sejak Rabu (9/10) dengan menyiagakan satu hercules.

Setiap sore kami memonitor berapa banyak pengungsi yang akan kembali ke Wamena dan bila jumlahnya di atas 70 orang akan langsung diberangkatkan keesokan harinya, kata Tri Bowo seraya menegaskan TNI AU tidak memungut biaya untuk mengangkut kembali penduduk yang sebelumnya mengungsi dan ingin kembali ke Wamena.

Baca juga: Korban Wamena sampai di Padang dengan bekas luka bakar


“Mabes TNI melalui Mabes TNI AU memfasilitasi pemulangan pengungsi termasuk yang ingin kembali ke Wamena secara gratis, “ tegas Marsma TNI Tri Bowo.

Tercatat 279 pengungsi yang sudah kembali ke Wamena melalui Lanud Silas Papare, Sentani.

Sebelumnya sekitar 15 ribu warga mengungsi keluar dari Wamena ke Jayapura pasca kerusuhan yang menewaskan 33 orang, Senin (23/9) lalu.

Selain menewaskan warga sipil, aksi kerusuhan itu juga mengakibatkan 1.000 lebih bangunan dan kendaraan warga serta pemerintah dibakar dan 76 orang luka-luka.


Baca juga: Yayasan WVI bantu trauma healing anak pengungsi Wamena
 

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019