Kontes kambing peranakan etawa ras Kaligesing regional Jawa Tengah dan Yogyakarta ini akan berlangsung pada Minggu, 29 September 2019, di lapangan Desa Sokaraja, Pagentan.
Banjarnegara (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banjarnegara melalui Dinas Pertanian, Perikanan, dan Ketahanan Pangan akan menggelar kontes kambing peranakan etawa (PE) ras Kaligesing Dipayudha Cup III dalam rangka mempromosikan produksi unggulan daerah.

"Kontes kambing peranakan etawa ras Kaligesing regional Jawa Tengah dan Yogyakarta ini akan berlangsung pada Minggu, 29 September 2019, di lapangan Desa Sokaraja, Pagentan," kata Kabid Peternakan Dinas Pertanian, Perikanan, dan Ketahanan Pangan Banjarnegara, Herrina Indri Hastuti di Banjarnegara, Jawa Tengah, Kamis.

Dia menambahkan, acara tersebut digelar bekerja sama dengan Perkumpulan Peternak Kambing Kaligesing Nasional DPD Banjarnegara.

"Ada berbagai hadiah menarik bagi para pemenang kontes kambing ini, kami berharap akan banyak pihak yang berperan serta dalam kegiatan ini," katanya.

Dia menambahkan, kelas yang dilombakan adalah kelas A, B, C, D untuk kambing jantan dan juga betina. Kontes kambing tersebut diharapkan dapat menjadi ajang promosi daerah sekaligus untuk meningkatkan kualitas dan juga populasi kambing Kaligesing serta mendorong masyarakat untuk terus mengembangkannya.

"Kontes kambing Kaligesing ini diharapkan dapat efektif menjaring ternak yang memiliki genetika unggul dan bernilai tinggi guna memotivasi masyarakat untuk terus mengembangkannya pada masa yang akan datang," katanya.

Dengan demikian, kata dia, kegiatan tersebut akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah setempat.

"Melalui ternak kambing yang kualitasnya terjaga dengan baik, diharapkan makin mendorong semangat masyarakat untuk berternak dan menghasilkan lebih banyak lagi bibit-bibit unggul," katanya.

Dia juga menambahkan pihaknya berkomitmen untuk terus mengembangkan peternakan kambing di wilayah Banjarnegara karena sangat potensial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Baca juga: Meski mahal, kambing etawa paling diburu untuk kurban

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019