Untuk Kloter sebelumnya ada jemaah yang bergabung atau tanazul atau pindah Kloter sementara Kloter 10 ini lengkap,
Palembang (ANTARA) - Jemaah haji kelompok terbang (Kloter) sepuluh embarkasi Palembang yang berjumlah 447 orang pulang ke tanah air dengan selamat dan lengkap tidak ada yang sakit serta meninggal dunia.

Bukan itu saja, tidak ada jemaah kloter lainnya yang bergabung saat kepulangan jemaah tersebut, kata Humas Kanwil Kementerian Agama Sumatera Selatan, Saefudin Latief di Palembang, Selasa.

Lebih lanjut, dia menambahkan, jemaah Kloter sepuluh itu pulang lengkap sama seperti saat pemberangkatan lalu.

Baca juga: Wisata ziarah ke Jabal Nur Mekkah dianggap punya makna tinggi

"Untuk Kloter sebelumnya ada jemaah yang bergabung atau tanazul atau pindah Kloter sementara Kloter 10 ini lengkap," ujarnya.

Dengan tibanya jemaah Kloter sepuluh itu maka jemaah Embarkasi Palembang yang sudah berada di tanah air tercatat 4.484 orang termasuk 50 petugas.

Sementara jemaah yang masih berada di Arab Saudi yakni kelompok terbang sebelas hingga 19 yang semuanya sudah siap pulang ke tanah air.

Baca juga: 10.040 haji Jawa Tengah dan DIY telah kembali ke daerah asal

“Terkait kondisi jemaah yang masih di tanah suci, saat ini jemaah haji debarkasi Palembang yang tergabung di gelombang kedua, yakni mulai kloter 14 sampai 19 telah berada di Madinah.

Sementara Kloter 19 sampai di Madinah pukul 18.00 WAS atau Senin malam pukul 22.00 WIB. Untuk jemaah gelombang kedua ini, mereka akan kembali ke Palembang langsung dari Bandara Madinah.

Memang, lanjut dia berbeda dengan jemaah gelombang satu dari kloter 1 sampai kloter 13 yang kembali ke Tanah Air melalui Jeddah.

Sementara mengenai pemulangan sendiri diharapkan tidak ada hambatan sama seperti saat pemberangkatan lalu, tambah Humas PPIH Embarkasi Palembang itu.

Baca juga: Bertambah dua, sudah 9 orang jamaah haji Lampung meninggal



 

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019