PMI Babel kerahkan relawan "Aksi Bersih Lingkungan"

id PMI,aksi bersih sampah,karnaval hut ri

Warga antusias menyaksikan peserta karnaval sepeda hias saat melintas di jalan protokol Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Minggu (25/8/2019). (Babel.antaranews.com/Aprionis)

Pangkalpinang (ANTARA) - Palang Merah Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengerahkan 30 relawan Korps Suka Rela untuk mendukung Aksi Sadar Lingkungan membersihkan sampah di Kota Pangkalpinang, usai pelaksanaan karnaval kendaraan hias HUT Ke-74 Republik Indonesia di ibu kota provinsi ini.

"PMI akan selalu mensupport dan siap ikut serta menerjunkan tenaga relawannya dalam setiap momen aksi peduli, apakah itu peduli lingkungan, sosial atau yang lainnya," kata Ketua PMI Kepulauan Babel Abdul Fatah, di Pangkalpinang, Minggu.

Menurut dia, kegiatan bersih-bersih sampah ini merupakan salah satu bagian dari tugas PMI yang berlandaskan tujuh prinsip dasar Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional.

"Saat ini kami mengerahkan 30 relawan KSR dari Universitas Bangka Belitung (UBB) dan Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik (IAIN SAS)," katanya.

Salah seorang relawan KSR UBB, Yerikho sangat senang bisa selalu dilibatkan dalam setiap kegiatan, terutama mewakili PMI.

"Semoga kegiatan-kegiatan seperti ini, tetap selalu dilaksanakan. Sebab, apa yang kami lakukan ini, sembari menggugah warga untuk peduli terhadap lingkungan, terutama lingkungan masing-masing," ujarnya.
Baca juga: Pemulihan lingkungan tambang ilegal di Babel butuh Rp19 triliun

Ketua Babel Peduli sekaligus koordinator, Sriwidayat mengatakan Aksi Sadar Lingkungan merupakan awal dari gerakan untuk sama-sama peduli lingkungan, terutama mengurangi sedemikian rupa keberadaan sampah plastik di Kota Pangkalpinang.

"Kegiatan ini melibatkan 200 orang relawan, termasuk relawan PMI Babel yang tergabung dalam lintas organisasi," ujarnya.
Baca juga: Pegiat lingkungan Babel jadi nominator penerima Kalpataru 2019

Ia mengatakan sampah-sampah hasil yang dikumpulkan dari Aksi Sadar Lingkungan, saat itu juga langsung diangkut dan dibuang menuju tempat pembuangan akhir oleh petugas pengangkut sampah dari Pemerintah Kota Pangkalpinang.

"Kegiatan ini dimulai pada pukul 15.00 WIB hingga 16.30 WIB, dan mereka membagi dua tim menyusuri jalan protokol yang menjadi rute karnaval kendaraan hias, dimulai dari Lapangan Merdeka hingga Jalan Jenderal Sudirman sebagai pusat kegiatan karnaval HUT RI tersebut," katanya lagi.

Pewarta : Aprionis
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar