Jayapura (ANTARA) - Tidak tanggung-tanggung, personel Brigade Mobil dari tiga Polda di Sulawesi dikerahkan untuk membantu mempercepat pemulihan keamanan dan ketertiban di Polda Papua Barat. Mereka berasal dari Polda Sulawesi Tenggara, Polda Sulawesi Utara, dan Polda Sulawesi Selatan.

Kepala Bidang Humas Polda Papua Barat AKBP Mathias Krey dihubungi dari Jayapura, Papua, Rabu, menyatakan, "Memang betul Polda Papua Barat sudah mendapat bantuan personil brimob dan saat ini sudah tiba dan ditempatkan di Sorong sebanyak 400 personil yang berasal dari Polda Sulawesi Utara dan Polda Sulawesi Selatan.

"Di Fakfak ditempatkan 100 orang brimob dari Polda Sulawesi Tengah," kata dia.  

Krey yang dihubungi melalui telepon selularnya dari Jayapura mengaku secara keseluruhan situasi kondusif termasuk di Fakfak.

“Dari laporan yang diterima para pendemo di Fakfak sudah membubarkan diri dan kembali ke rumah masing-masing,” kata dia. Situasi kamtibmas di wilayah itu kondusif dan aman.

Adapun kondisi kamtibmas di Manokwari dan Sorong, dia berkata, juga aman dan terkendali. "Secara keseluruhan situasi Kamtibmas di seluruh Polda Papua Barat aman dan terkendali," kata dia.

 


Selain itu, dia berkata, satu orang warga diamankan di Manokwari, namun belum diketahui identitasnya. "Pemeriksaan masih dilakukan dan saya belum mendapat laporan perkembangan tentang hasil pemeriksaan," kata Krey.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019