Peserta SMN Banten serahkan buku Bingkai Anak Negeri untuk Arpus Aceh

id Smn,banten,pemerintah aceh,buku,perpustakaan

Perwakilan SMN Banten Menyerahkan buku Bingkai Anak Negeri karya SMN 2018 kepada Kepala Perpustakaan dan Kearsiapan Aceh, Wildan di Banda Aceh, Senin (M ifdhal)

Banda Aceh (ANTARA) - Peserta Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Banten menyerahkan buku Bingkai Anak Negeri. karya SMN 2018 kepada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Aceh.

Penyerahan buku Bingkai Anak Negeri karya SMN 2018 tersebut oleh Arsa, salah satu peserta SMN 2019 asal Banten, kepada Kepala Dinas Arpus Aceh Wildan di sela-sela kunjungan mereka ke instansi itu di Aceh, Senin.

"Penyerahan buku ini merupakan kenang-kenangan dari peserta SMN 2019 kepada Arpus Aceh dan nantinya juga bisa menjadi tambahan judul buku," kata Ketua SMN Banten Andi Bahtiar.

Ia mengatakan kunjungan peserta SMN 2019 ke perpustaan tersebut juga bagian untuk meningkatkan pengetahuan terhadap perkembangan perpustakaan yang ada di provinsi di ujung paling barat Indonesia itu.

Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Wildan mengatakan dinas yang dipimpinnya tersebut memiliki program unggulan, yakni perpustakaan digital yang dinamakan iPusataka Aceh.

"Ipustaka ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat di Provinsi Aceh untuk dapat mengakses secara cepat berbagai referensi bacaan yang dapat diperoleh melalui pustaka digital. Cukup mengunduh aplikasi ipusataka Aceh dapat langsung meminjamkan buku," kata dia.

Dalam kesempatan tersebut Wildan juga meminta langsung para peserta SMN asal Banten untuk mengunduh iPustaka milik Arpus Aceh dan mereka juga dapat langsung meminjamkan buku yang ada.

Ia menyebutkan sekitar 58.469 buku tersedia dalam pustaka digital Provinsi Aceh tersebut. Jumlah tersebut akan terus ditingkatkan pada masa mendatang dalam upaya menghadirkan referensi lebih banyak kepada pengunjung di provinsi setempat khususnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Perpustakaan dan Kearsiapan Aceh tersebut memberikan buku sejarah Aceh dengan Turki kepada tiga peserta SMN Banten yang ikut bertanya dan mengunduh aplikasi iPustaka Aceh.

Ia juga berpesan kepada peserta SMN untuk meningkatkan kemampuan menulis tokoh, sejarah, dan biografi seseorang yang nantinya menjadi sumber bacaan bagi masyarakat.

Selain mengunjungi Kantor Dinas Arsip dan Perpustakaan Provinsi Aceh, peserta SMN asal Banten juga menyambangi Sekolah Menengah Atas (SMA) Modal Bangsa, Blang Bintang Aceh Besar.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir di antaranya Manajer Komunikasi PT PLN Wilayah Aceh, T. Bahrul Halid, Asisten Manajer CSR dan PKBL PT PLN Wilayah Aceh, Rahmad Ardiansyah.

Baca juga: Peserta SMN Sulawesi Tengah belajar proses pengolahan kelapa sawit
Baca juga: Peserta SMN NTT belajar membuat batik Jambi

Pewarta : M Ifdhal
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar