Upacara kali ini rasanya beda sekali, karena pertama kalinya saya upacara di Pelabuhan dengan iringan suara ketek (kapal tradisional)
Palembang (ANTARA) - Peserta program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 asal Kalimantan Tengah mengikuti upacara HUT ke-74 Republik Indonesia di Pelabuhan Sungai Musi Boom Baru Palembang bersama seluruh karyawan BUMN, Sabtu, pukul 07.00 WIB.

Meski cuaca agak berkabut, namun para peserta SMN 2019 asal Kalimantan Tengah tersebut tetap bersemangat dan mengikuti jalannya prosesi upacara yang dipimpin langsung Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II/IPC (Persero) Elvyn G Masassya.

"Upacara kali ini rasanya beda sekali, karena pertama kalinya saya upacara di Pelabuhan dengan iringan suara ketek (kapal tradisional)," kata salah seorang peserta SMN, Lelo.

Menurutnya upacara peringatan kemerdekaan Indonesia di manapun secara pemaknaan sama saja, semua warga Indonesia punya tanggung jawab yang sama untuk mengingat kembali perjuangan para pahlawan dalam merengkuh kemerdekaan.

Sementara PT Pelabuhan Indonesia II/IPC (Persero) Elvyn G Masassya, mengatakan dalam memaknai kemerdekaan harus diiringin semangat membawa bangsa ini lepas dari kebodohan dan kemiskinan.

"Indonesia akan disegani jika sudah bebas dari kemisikinan dan kebodohan, dalam mewujudkannya tentu saja BUMN berperan sebanyak mungkin," tegas Elvyn.

Kegiatan SMN 2019 di Provinsi Sumatera Selatan diselenggarakan tiga BUMN yakni PT Pelindo II selaku PIC, PT Perumnas (Persero) dan PTPN 7, kunjungan mereka ke Palembang untuk mengenal perkembangan sarana transportasi air sebagai tulang punggung ekonomi di Kota Palembang.

Selain BUMN, upacara juga diikuti TNI AL Lanal Palembang, Bea Cukai Palembang, dan beberapa perusahaan kapal.

Baca juga: Aceh peroleh bantuan Program BHUN Rp9,5 miliar

Baca juga: Kementerian BUMN serahkan piagam kepada peserta SMN asal Maluku

 

Pewarta: Aziz Munajar
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019