SMN Jatim kunjungi Rumah Kreatif Gorontalo

SMN Jatim kunjungi Rumah Kreatif Gorontalo

Perwakilan Bank Mandiri memberikan penjelasan dan pengenalan Rumah Kreatif Gorontalo di kantor Bank Mandiri, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Jumat. (Foto Adiwinata Solihin)

Gorontalo (ANTARA) - Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Jawa Timur  mengunjungi Rumah Kreatif Gorontalo di Kantor Bank Mandiri, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Jumat.

Pendamping peserta SMN dari Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Denok Warsiyati mengatakan jika para siswa mendapat banyak pengetahuan tentang Rumah Kreatif Gorontalo.

"Di rumah kreatif ini ternyata banyak UMKM yang dibina oleh mereka, di antaranya ada usaha konveksi, usaha makanan. Kami diberitahu bagaimana caranya jika kita juga memiliki usaha dan ingin bergabung ke rumah kreatif tersebut," ujarnya.

Para peserta juga mendapatkan pengetahuan tentang cara pengemasan, cara pemasaran, kemudian strategi penjualan produk.

"Untuk cara pengemasan ternyata menjadi daya tarik utama bagi para konsumen. Jadi dari pihak Bank Mandiri itu memberikan pembinaan agar kemasan produk yang dimiliki oleh para UMKM tersebut menjadi lebih menarik," ujarnya.

Kemudian tentang pemasaran produk yang saat ini sudah bisa dilakukan melalui sosial media. Para pelaku UMKM juga diberikan pelatihan yang telah disesuaikan dengan usaha yang dimiliki.

"Manfaat dari kegiatan ini adalah dapat memotivasi anak-anak untuk nantinya jika telah lulus dari sekolah mereka dapat belajar berusaha, dengan pengenalan BUMN, salah satunya Bank Mandiri," ucap Denok.

Selain itu, menurutnya, para peserta bisa mengentahui tentang banyaknya BUMN yang ada di Indonesia, agar nantinya mereka tidak hanya bercita-cita untuk bekerja di bagian pemerintahan, tetapi juga bisa bergabung di BUMN-BUMN yang ada.
Baca juga: Peserta SMN Jatim belajar tarian Gorontalo
Baca juga: Peserta SMN Jatim tinggal di rumah warga di Gorontalo
Pewarta : Adiwinata Solihin
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2019