Peserta SMN Jatim tinggal di rumah warga di Gorontalo

Peserta SMN Jatim tinggal di rumah warga di Gorontalo

Peserta SMN Jawa Timur berfoto bersama ibu keluarga angkat di Desa Konservasi Budaya Talumelito, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo. (Foto Adiwinata Solihin)

Gorontalo (ANTARA) - Sebanyak 47 peserta Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Jawa Timur (Jatim) tinggal dan berbaur bersama warga di desa konservasi budaya Talumelito, Kabupaten Gorontalo.

Salah seorang peserta SMN, Nurotun Nafisah, di Gorontalo, Kamis, mengaku senang dan bersemangat bisa tinggal dengan keluarga angkat dalam program tersebut.

"Tentunya senang sekali, karena selain belajar budaya serta adat istiadat di sini, saya bisa memiliki keluarga dan teman baru," ucap dia.

Dengan tinggal bersama keluarga baru di daerah itu, ia akan berusaha agar dapat lebih banyak berkomunikasi dan belajar tentang berbagai hal menyangkut Gorontalo.

Peserta lainnya, Farah Aziz, menyebutkan bahwa atmosfer di Desa Talumelito sebagai luar biasa.

"Saat kita tiba, langsung disambut dengan tarian tradisional Gorontalo, yaitu Longgo dan bertemu dengan keluarga angkat," kata dia.

Ia mengaku tidak sabar untuk dapat belajar dan mengenal budaya serta tradisi di Provinsi Gorontalo di desa tersebut.

Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri, sedangkan di Provinsi Gorontalo diselenggarakan oleh Bank Mandiri selaku koordinator serta PT PPI, Djakarta Lloyd, dan Indonesia Re selaku wakil koordinator.

Baca juga: Peserta SMN Jatim belajar tarian Gorontalo
Baca juga: Yonif 713 berikan pembekalan bagi peserta SMN Jatim
Baca juga: Pesona Menara Pakaya pukau peserta SMN Jatim
Pewarta : Adiwinata Solihin
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019