Peserta SMN Jatim belajar tarian Gorontalo

Peserta SMN Jatim belajar tarian Gorontalo

Rombongan SMN asal Jawa Timur disambut dengan tarian Longgo di Desa Konservasi Budaya Talimelito, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo. (Foto Adiwinata Solihin)

Gorontalo (ANTARA) - Sebanyak 47 peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Jawa Timur (Jatim) belajar budaya dan tarian Gorontalo di Desa Konservasi Budaya Talumelito, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Pendamping peserta SMN dari Dinas Pendidikan Provinsi Jatim, Denok Warsiyati di Gorontalo, Kamis, mengatakan para peserta belajar tarian penyambutan Saronde dan Tidi lo Polo-Palo.

"Tari Tidi adalah tarian untuk menyambut tamu dalam pernikahan dan tarian selamat datang yaitu Saronde," ujarnya.

Baca juga: Tari Gala yang hampir punah ditampilkan SMN Maluku Utara di Jambi

Ia mengungkapkan jika para siswa sangat antusias belajar mengenal budaya Gorontalo, bahkan para peserta memiliki budaya yang berbeda-beda karena berasal dari kota dan kabupaten se-Jawa Timur.

"Di sini para siswa memiliki kesepakatan bersama yaitu loyalitas untuk kebersamaan, satu bisa semua bisa, jika ada yang tidak bisa harus ada yang saling mengisi," bebernya.

Ia berharap dengan belajar tarian dan budaya Gorontalo para peserta dapat menampilkan apa yang dipelajari.

"Para peserta juga membuat video blog (vlog) tentang apa saja yang mereka lakukan dan pelajari di Desa Konservasi Budaya Talumelito ini," pungkasnya.

Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di Provinsi Gorontalo yang diselenggarakan oleh Bank Mandiri selaku koordinator serta PT PPI, Djakarta Lloyd dan Indonesia Re selaku wakil koordinator.

Baca juga: Peserta SMN 2019 Riau berkunjung ke Museum Dirgantara Yogyakarta
Baca juga: Penyandang disabilitas peserta SMN Sulteng tertarik lagu batak
Pewarta : Adiwinata Solihin
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019