Presiden berencana membentuk Kementerian Ekonomi Kreatif dan Investasi.
Jakarta (ANTARA) - PDI Perjuangan memberikan dukungan penuh terhadap keputusan Presiden Joko Widodo untuk membentuk kementrian baru yakni Kementerian Ekonomi Kreatif dan Investasi.

"Keputusan Presiden Jokowi itu sejalan dengan keputusan Kongres V PDI Perjuangan di Bali, khususnya desain struktur DPP PDI Perjuangan yang senafas dengan struktur kabinet," kata Hasto Kristiyanto melalui pernyataan tertulisnya, di Jakarta, Rabu.

Menurut Hasto, salah satu keputusan Kongres V PDI Perjuangan di Bali, pada 8-10 Agustus 2019, adalah membentuk struktur kepengurusan partai yang sama dengan struktur kementerian pada kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo periode kedua.

Pada struktur kepengurusan DPP PDI Perjuangan periode 2019-2024, menurut dia, ada jabatan ketua bidang ekonomi kreatif dan ekonomi digital, serta jabatan ketua bidang industri dan investasi. "PDI Perjuangan juga memberikan landasan ideologis atas tugas kementrian tersebut, termasuk politik investasi guna memerkuat kedaulatan Indonesia di bidang ekonomi," katanya.

Hasto menjelaskan, ekonomi kreatif dan digital dengan pelaku ekonomi sebagian besar diisi oleh kalangan usia muda produktif, mendapat perhatian luas dari PDI Perjuangan. Ekonomi kreatif dan digital tersebut, menurut dia, berangkat dari realitas bagaimana PDI Perjuangan menerima dukungan signifikan dari pemilih muda. "PDI Perjuangan tercatat sebagai partai dengan jumlah kepala daerah dan anggota legislatif terbesar yang diisi pemuda," katanya.

Baca juga: Pengamat: Megawati tak bisa dikte Jokowi

Baca juga: Peneliti: Usulan PDIP tentang GBHN perlu diperjelas

Baca juga: Kongres V PDIP tegaskan Pancasila final dan berbudaya


Dengan ruang kepemimpinan muda yang lahir melalui proses rekrutmen dan pendidikan kader tersebut, menurut Hasto, maka PDI Perjuangan menyatakan, kesiapannya untuk menjemput bola atas kebijakan Pemerintah yang pro terhadap kaum muda Indonesia untuk berkreasi.

Di sisi lain, kata dia, PDI Perjuangan memersiapkan pemuda untuk aktif secara luas di dunia politik, di lapangan ekonomi, maupun mengekspresikan seluruh energi kreatifnya di bidang kebudayaan

Menurut Hasto, guna memberikan dukungan terhadap kebijakan Presiden Joko Widodo tersebut, PDI Perjuangan berpandangan pentingnya dibangun "inbond logistic" melalui penguatan infrastruktur digital secara terintegrasi, penguatan manajemen, pemasaran, dan kemampuan produksi dengan menerapkan teknologi proses yang paling tepat, yang berpijak pada daya inovasi para pemuda Indonesia.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019