Sebagai Bandara yang berada di daerah perbatasan, kehadiran Bandara Long Ampung turut serta membangun wilayah perbatasan
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara mengembangkan salah satu bandara terdepan di Pulau Kalimantan, yakni Bandara Long Ampung, yang terletak di Kabupaten Malinau Selatan, Provinsi Kalimantan Utara atau dekat dengan wilayah perbatasan Malaysia.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B Pramesti dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa mengungkapkan bahwa Bandara Long Ampung menjadi salah satu bandara terdepan di Indonesia yang turut serta membangun wilayah perbatasan.

“Sebagai Bandara yang berada di daerah perbatasan, kehadiran Bandara Long Ampung turut serta membangun wilayah perbatasan. Konektivitas dan peningkatan ekonomi menjadi dorongan bagi kesejahteraan masyarakat, sesuai dengan amanah undang undang,"ujar Polana.

Bandara Long Ampung, berdiri sejak 1975 sebagai penghubung desa Long Ampung dengan daerah lainnya di wilayah Kalimantan Utara.

Bandara telah melaksanakan dua kali pengembangan dan renovasi, sehingga mampu melayani calon penumpang dengan lebih baik.

Kepala Unit Pelayanan Bandar Udara Long Apung Muhamad Fadil menyatakan bahwa kehadiran Bandara sangat membantu masyarakat.

"Transportasi udara menjadi salah satu hal terpenting bagi masyarakat Long Ampung, karena apabila menggunakan jalur darat Long Ampung – Samarinda memakan waktu dua hingga tiga hari itu pun apabila kondisi hujan dapat memakan waktu hingga dua minggu , sehingga keberadaan bandara sangat penting bagi masyarakat untuk pemerataan ekonomi dan distribusi barang kebutuhan masyarakat,"ujar Fadil.

Bandara Long Ampung memiliki landasan pacu yang digunakan 790 meter X 30 meter yang mampu melayani pesawat sekelas jenis Cessna C208B Grand Caravan, dengan terminal dengan luas 240 meter persegi yang mampu menampung 45 penumpang. Bandara Long Ampung.

Pelayanan angkutan udara tahun 2019 secara komersial dan perintis oleh PT Susi Air diantaranya rute Long Ampung-Samarinda PP, Long Ampung-Tanjung Selor PP, Long Ampung-Tarakan dan Long Ampung-Malinau PP.

Bandara Long Ampung juga melayani penerbangan Perintis Cargo dari Juwata Tarakan dilaksanakan oleh PT. Susi Air dengan Jenis pesawat yang digunakan Cessna C208B Grand Caravan.

Baca juga: Bandara Letung jadi layanan transportasi perbatasan
Baca juga: Pengembangan tiga bandara perbatasan Rp328,9 miliar
Baca juga: Pemerintah membangun empat bandara perintis di Kalimantan Utara


Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2019