Pedagang kambing Tanah Abang perkirakan puncak jual beli Minggu pagi

id Hewan kurban,kambinh,idul adha,sapi,tanah abang

Pedagang kambing di Jalan Sabeni Tanah Abang menyiapkan hewan ternak yang akan dijual kepada konsumen. (ANTARANews/Muhammad Zulfikar)

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah pedagang kambing di Jalan Sabeni, Tanah Abang, Jakarta Pusat memperkirakan puncak jual beli hewan kurban terjadi hingga Minggu (11/8) pagi.

"Perkiraan saya besok itu masih ramai masyarakat yang beli hewan kurban," kata Ceong, salah seorang pedagang kambing di Jalan Sabeni, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu.

Menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah, masyarakat sudah mulai ramai membeli dan memesan hewan kurban pada Jumat (9/8) dengan total jual beli mencapai Rp100 juta.

"Kemarin 40 ekor kambing terjual dengan transaksi sekitar Rp100 juta kemudian ditambah dua ekor sapi dengan total Rp47 juta," katanya.

Baca juga: 88.531 ekor hewan kurban di Jakarta lolos pemeriksaan kesehatan

Ia menilai animo masyarakat untuk berkurban pada Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah cukup tinggi. Bahkan, sebagian konsumen telah memesan hewan kurban terlebih dahulu sejak sebulan lalu.

"Alhamdulillah masyarakat khususnya umat Islam antusias dalam berkurban dan tidak pelit dalam beribadah," katanya.

Terkait stok hewan kurban, ia mengaku memiliki pasokan tidak banyak, hanya 150 ekor kambing dan ditambah beberapa ekor sapi. Jumlah tersebut menurun dari stok tahun-tahun sebelumnya yang mencapai 400 ekor. Pengurangan tersebut disebabkan alasan kesehatan pribadi.

"Kalau saya pribadi, ambil stok kambing-kambing ini dari Jawa Tengah," kata dia.

Baca juga: DKI kerahkan 800 petugas untuk mengecek hewan kurban

Dibandingkan dengan hari biasa, penjualan kambing atau sapi tidak bisa diperkirakan. Bahkan, dalam satu bulan hanya 10 kambing yang terjual dengan omzet sekitar Rp30 juta.

"Kalau hari biasa, penjualan 10 ekor sebulan itu sudah bagus," ujar dia.

Senada dengan itu, pedagang kambing lainnya, Alih mengatakan, jual beli hewan kurban sudah mulai ramai sejak Jumat (9/8) dan diperkirakan hingga Minggu (11/8) pagi.

Baca juga: Harga jual kambing di Tanah Abang capai Rp8 juta per ekor

"Saya pribadi sudah laku 20 ekor kambing kemarin, tapi khusus hari ini belum dihitung," kata dia

Ia mengaku pada Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah menyediakan 400 ekor kambing yang dipasok dari daerah Wonosobo Provinsi Jawa Tengah.

Pewarta : Muhammad Zulfikar
Editor: Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar