Tujuh Kapal Tunda Canggih Perkuat Pelindo Marine

id Kapal Tunda, Pelindo III, Pelindo Marine

Tujuh Kapal Tunda Canggih Perkuat Pelindo Marine

ILUSTRASI - Kapal Tunda Malabar 2.400 Horse Powes (HP). Antara Jatim/Moch Asim/zk/16 ()

Kapal tunda ini telah menggunakan teknologi baru, yakni `integrated bridge system` (IBS) sehingga nahkoda kapal dapat memantau dan mengendalikan peralatan dalam satu ruang yang terintegrasi dalam jangkauan tangan
Surabaya (Antaranews Jatim) - Tujuh kapal tunda canggih buatan dalam negeri memperkuat PT Pelindo Marine Service, yakni anak usaha Pelindo III, yang bergerak di jasa pemanduan dan penundaan kapal di Surabaya.


Direktur Utama Pelindo Marine Service, Putut Sri Muljanto, di Surabaya, Selasa mengatakan tujuh kapal tunda itu didatangkan untuk meningkatkan pelayanan pengguna jasa dan memperkuat operasional logistik di pelabuhan yang dikelola Pelindo III.


"Kapal tunda ini telah menggunakan teknologi baru, yakni `integrated bridge system` (IBS) sehingga nahkoda kapal dapat memantau dan mengendalikan peralatan dalam satu ruang yang terintegrasi dalam jangkauan tangan," katanya.


Selain itu, kata dia, kapal tunda memiliki olah gerak lebih baik, sehingga pelayanan penundaan kepada kapal pengguna jasa menjadi lebih aman dan nyaman.


Putut menjelaskan, spesifikasi kapal tunda itu antara lain berkekuatan mesin 1.500 HP (tenaga kuda), 1.800 HP dan 2.400 HP, dan dengan tambahan tujuh kapal PT PMS telah memiliki 21 unit kapal tunda.


"Diharapkan bisa meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa dan membuat operasional logistik di terminal-terminal yang dikelola Pelindo III semakin efisien," katanya.


Selain memiliki keunggulan memakai teknologi "Alarm Monitoring System" (AMS), kata dia, kapal itu juga dapat memonitor kondisi kapal secara menyeluruh, mulai dari mesin utama dan pendukung, sistem propulsi (penggerak), serta dapat memantau penggunaan bahan bakar secara akurat dan real time (langsung).


"Fitur tersebut sangat membantu keperluan perawatan kapal, dan segalanya termonitor, sehingga biaya operasional jadi semakin efisien," tuturnya.


Sementara CEO Pelindo III, Ari Askhara mengatakan, secara total telah memesan 15 unit kapal tunda canggih seri Jayanegara di galangan kapal nasional milik PT Dumas Tanjung Perak Shipyards dan PT Daya Radar Utama di Tanjung Priok.


"Keberadaan kapal tunda canggih ini adalah implementasi untuk membuat operasional lebih hemat secara biaya dan semakin efisien lagi," katanya.


Ari mengatakan, kehadiran tujuh kapal tunda sejalan dengan langkah Pelindo III untuk melakukan transformasi manajemen dengan berpusat pada tiga hal, yakni manusia, proses, dan teknologi.


"Kapal ini tidak hanya bisa digunakan untuk sarana bantu pelayanan pemanduan dan penundaan kapal, tetapi bisa ditugaskan untuk pelayanan kapal lain, seperti pada sektor minyak dan gas,` katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Slamet Hadi Purnomo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar