Ngeteh Asyik di Lereng Gunung Lawu

id Ndoro Donker,Rumah Teh Ndoro Donker,Wisata Teh,Kebun teh Kemuning

Ngeteh Asyik di Lereng Gunung Lawu

Asyiknya berswafoto di Kebun Teh Kemuning sekitar Rumah Teh Ndoro Donker di Karanganyar, Jawa Tengah. (Antara Jatim/Louis Rika)

Bagi para pecinta minuman teh, pasti sudah kenal dengan Rumah Teh Ndoro Donker, yakni tempat wisata yang menyuguhkan perpaduan pemandangan nan asri di lereng gunung serta kuliner teh yang nikmat.

Lokasi rumah teh ini berada di area Perkebunan Teh Kemuning di kaki Gunung Lawu sehingga suasana minum teh di tempat tersebut benar-benar beda dari tempat lain. Di Rumah Teh Ndoro Donker, para penggemar teh dan wisatawan umumnya bisa ngeteh asyik sambil menikmati pemandangan indah dan sejuknya udara area kebun teh Kemuning.

Rumah Teh Ndoro Donker terletak Jalan Karangpandan-Ngargoyoso, Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah. Jika ditempuh dari Kota Solo, butuh waktu sekitar 1,5 jam berkendara dengan mobil ataupun motor.

Dari wilayah Magetan Jawa Timur, pengunjung bisa melalui jalan tembus Sarangan, Magetan-Karanganyar, Jawa Tengah yang kondisinya sudah cukup bagus.

Memiliki suasana yang sejuk khas pegunungan, Rumah Teh Ndoro Donker menjadi tempat santai favorit. Udara dingin lereng Gunung Lawu membuat suasana menjadi nikmat saat menyeruput teh. 


Tempat ini tidak hanya dikunjungi oleh warga sekitar Solo, namun juga luar daerah lainnya seperti Madiun, Magetan, Ngawi, dan beberapa kota besar lainnya saat musim liburan panjang.  Pengunjung tidak ditarik biaya untuk masuk tempat ini. Pengunjung hanya membayar minuman teh dan makanan yang dipesan.

"Tempatnya sangat bagus. Kami sekeluarga bisa nyaman minum teh sambil menikmati pemandangan kebun teh yang indah dan sejuk," ujar seorang pengunjung asal Surabaya Eri Maunela.

Ada berbagai jenis teh yang bisa dinikmati di Ndoro Donker dengan harga yang relatif terjangkau. Di antaranya teh hijau kemuning, teh hitam donker, teh melati, teh lemon, teh aroma Inggris, seperti 'earl grey', 'cemomile', 'lady grey', 'mint', dan 'passion fruit', kemudian teh raja, serta teh herbal. Teh bisa disajikan dalam cangkir ataupun teko untuk dinikmati ramai-ramai dengan keluarga. 

Sebagai teman minum teh, Rumah Teh Ndoro Donker juga menyediakan aneka menu makanan. Di antaranya berbagai menu makanan berat seperti nasi goreng, mi goreng, mi rebus, nasi kari ayam, sup iga, iga bakar, hingga camilan seperti singkong goreng, kentang goreng, dan lainnya. Harga bervariasi di kisaran Rp20 ribu hingga Rp60 ribu. 

Tempat minum teh pun bisa dipilih. Mau di ruangan terbuka sambil menikmati pemandangan kebun teh atau di dalam rumah yang merupakan bangunan kuno peninggalan zaman penjajahan Belanda. 

Setelah puas minum teh, para pengunjung bisa melakukan swafoto bersama keluarga dan orang tercinta di area kebun teh Kemuning yang indah. Pengunjung juga bisa berfoto ria di sejumlah spot menarik dalam rumah yang telah disediakan oleh pengelola.

. Salah saatu spot foto di Rumah Teh Ndoro Donker. (Antara Jatim/Louis Rika) (Antara Jatim/Louis Rika/)

Adapun nama Ndoro Donker, berdasarkan informasi, diambil dari nama seseorang berwargakenegaraan Belanda bernama Donker yang tinggal di Desa Kemuning pada zaman kolonial. Ia adalah ahli tanaman yang memilih hidup di desa tersebut untuk mengembangkan area perkebunan teh. Sedangkan kata 'ndoro' dalam Bahasa Jawa artinya adalah tuan. Sehingga, Ndoro Donker adalah berarti tuan Donker. 

Pengelola juga menyediakan pernak-pernik cantik yang bisa dibeli sebagai oleh-oleh. Di antaranya teko dan mug bergambar Ndoro Donker, serta aneka rasa teh yang telah dikemas. Harga mulai Rp20 ribu hingga Rp50 ribu.

Dijamin para pengunjung akan puas dan betah datang ke tempat wisata Rumah Teh Ndoro Donker. Tempat ini buka dari jam 9 pagi hingga petang hari dan sanat pas dikunjungi bersama keluarga ataupun pasangan. (*)  




Pewarta :
Editor: Slamet Hadi Purnomo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar