Tujuh Penghargaan K3 Diborong Pelindo III

id penghargaan K3 di Grahadi, Pelindo III borong tujuh penghargaan K3

Tujuh Penghargaan K3 Diborong Pelindo III

penghargaan ini menjadi tantangan tersendiri karena di lingkungan pelabuhan melibatkan banyak pemangku kepentingan, mulai dari birokrasi, mitra kerja, hingga pengguna jasa yang tidak hanya domestik, tetapi juga datang dari luar negeri.
Surabaya (Antaranews Jatim) - Perseroan terbatas Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III memborong tujuh penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tahun 2018 pada acara Bulan K3 di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat.

"Pelindo III mensyukuri penghargaan-penghargaan tersebut sebagai motivasi untuk terus aktif mengkampanyekan dan mendorong implementasi Sistem Manajemen (SM) K3," kata Director of Human Capital and General Affair Pelindo III, Toto Heli Yanto menanggapi penghargaan itu di Surabaya, Jumat.

Toto mengatakan, tujuh penghargaan yang diraih itu masing-masing untuk perusahaan dibawah naungan grup Pelindo III, antara lain penghargaan Zero Accident untuk Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Pelabuhan Gresik, Terminal Petikemas Surabaya (TPS), dan juga unit Kantor Pusat Pelindo III.

Lalu Penghargaan Penerapan SM K3 untuk Pelabuhan Gresik dan TPS. Kemudian terakhir penghargaan Program Pencegahan dan Penanggulangan HIV/Aids (P2HIV/Aids) yang diterima PT Pelindo Husada Citra, pengelola Rumah Sakit PHC Surabaya.

"Penerapan SM K3 di TPS sudah menerapkan standar internasional karena menjadi gerbang ekspor-impor Indonesia timur. Untuk di Pelabuhan Tanjung Perak dan Gresik, Pelindo III berinovasi dengan mendirikan klinik K3 unik dengan bangunan menggunakan peti kemas," ujar Toto.

Toto mengakui, penghargaan ini menjadi tantangan tersendiri karena di lingkungan pelabuhan melibatkan banyak pemangku kepentingan, mulai dari birokrasi, mitra kerja, hingga pengguna jasa yang tidak hanya domestik, tetapi juga datang dari luar negeri. 

Sementara untuk RS PHC, kata dia, sudah memiliki kebijakan Program P2HIV/Aids, mulai dari mengedukasi tenaga medis dan karyawan, menyiapkan prosedur K3 pencegahan penularan, hingga mekanisme evaluasi.

Terkait sosialisasi bahaya HIV/Aids juga kami laksanakan kepada masyarakat sekitar pelabuhan sebagai bentuk kepedulian.

"Pelindo III memandang penerapan SM K3  sebagai tanggung jawab moral perusahaan kepada seluruh pemangku kepentingannya," katanya.

Sementara, penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Hanif Dhakiri yang didampingi oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo.(*)
Pewarta :
Editor: Slamet Hadi Purnomo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar