Uniknya Wisata Akar Langit di Lamongan (Video)

id Wisata Rumah Pohon Lestari (WRPL),akar langit,lamongan,antara jatim

Uniknya Wisata Akar Langit di Lamongan (Video)

Wisata Rumah Pohon Lestari (WRPL) di Desa Sendangharjo, Kecamatan Brondong, Lamongan (Abdul Hakim)

Bentuknya yang unik dan indah inilah yang menjadikan pohon trinil kini tengah viral di media sosial, dan menjadi tempat favorit untuk berswafoto
Wisata Rumah Pohon Lestari (WRPL) di Desa Sendangharjo, Kecamatan Brondong, Lamongan (Abdul Hakim) (Abdul Hakim)

Surabaya (Antaranews Jatim) - Bagi penggemar film Harry Potter, maka tidak asing lagi dengan pohon Dedalu Perkasa yang akarnya bisa menjulang ke angkasa. 

Tapi pohon itu tidak lagi ditemui di dunia fantasi melainkan bisa dilihat di Dusun Wide Desa Sendangharjo, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur. 

Di Dusun Wide telah ditemukan sebuah pohon raksasa mirip pohon Dedalu Perkasa di serial Harry Potter. Pohon dengan akar besar meliuk menjalin membentuk jejari dan jaring-jaring ini menjadi hits dan ramai dikunjungi wisatawan. 

 

Akarnya unik saling melilit dan asli bukan karena dibentuk oleh tangan manusia. Ada lima titik akar pohon trinil yang saling terkait dan dijadikan obyek foto selfie para pengujung. Jika dilihat dari jauh, bentuknya mirip akar rotan yang biasa digunakan untuk menganyam kerajinan.

Pohon yang oleh masyarakat setempat disebut pohon Trinil tersebut memang kerap dimanfaatkan warga sebagai tali untuk mengikat tumbuhan pakan ternak mereka. Tapi baru kali ini masyarakat menemukan pohon trinil sebesar itu dengan akar-akar unik.

Pertama kali ditemukan pertengahan Juli lalu oleh salah seorang warga desa setempat bernama Ali Rahman yang melintas di tempat tersebut ketika mencari lokasi outbond dan perkemahan. Ali mengabadikan foto pohon trinil tersebut dan mengunggahnya di media sosila. 

Unggahan Ali tersebut menjadi viral dan masyarakat berbondong-bondong mengunjungi lokasi tersebut dan berswafoto di antara akar-akar pohon tersebut. Baru sekitar dua bulan dibuka, pengunjung pohon trinil raksasa di Lamongan membludak. Wisatawan yang datang bahkan hingga mencapai ratusan ketika hari libur. Kebanyakan yang datang merupakan anak-anak muda yang ingin berfoto selfie.

Karena tempat tersebut berada di Kawasan Perhutani RPH Lembor BKPH Jompong KPH Tuban maka kerja sama pun segera dijalin antara pihak Pemerintah Desa dan Perhutani untuk segera mengatur segala sesuatunya agar tempat wisata tersebut bisa dinikmati masyarakat tanpa harus merusak ekosistem alam.

Bentuk perhatian dan kerjasama itu terwujud ketika kedatangan beberapa pejabat Perhutani dari KPH Tuban yang langsung datang dari Tuban, Rabu (13/9/2017) menuju lokasi yang kemudian disebut wiata akar langit atau Wisata Rumah Pohon Lestari (WRPL) di Desa Sendangharjo, Kecamatan Brondong, Lamongan.

Saat ini di lokasi wisata pohon trinil raksasa telah terdapat warung-warung penjaja makanan dan minuman, juga disediakan tempat sampah dan lahan parkir.

Uniknya, pengelola juga memajang kalimat-kalimat unik di lokasi wisata seperti halnya "Pacar orang sebenarnya adalah pacar kita juga, karena kita juga orang" "Mantan kok dikenang? Emang mantan lu pahlawan?” dan kalimat-kalimat lain yang unik dan menggelitik.

Salah seorang warga Sidodadi, Madiun Zuhrotun Umama mengaku takjub dengan keuinikan pohon akar tersebut. Bahkan kedatangannya jauh-jauh dari Madiun hanya khusus melihat pohon tersebut.

"Alhamdulillah akhirnya, saya bisa ke sini bersama keluarga. Awalnya saya penasaran karena hanya lihat di facebooknya teman-teman. Subhanallah, ini anugrah Allah," katanya.

Hal sama juga dikatakan Imam, warga Magetan. Ia mengatakan penasaran dengan pohon akar langit karena diberi tahu teman-teman yang sebelumnya sudah berkunjung.

"Kebetulan ini saya lagi liburan di rumah orang tua saya di Lamongan jadi saya sempatkan ke sini bersama keluarga," katanya.

Ia mengatakan keindahan dari pohon trinil langka ini mempunyai akar yang menjalar dan melilit kemana-mana. Akar berwarna coklat ini membentang kesegala sudut.

 "Bentuknya yang unik dan indah inilah yang menjadikan pohon trinil kini tengah viral di media sosial, dan menjadi tempat favorit untuk berswafoto," katanya.(*)

Video Oleh Abdul Hakim




Pewarta :
Editor: Slamet Hadi Purnomo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar