Sidoarjo Targetkan Desa Miliki BUMDes

id Sidoarjo, BUMDes, Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi

Sidoarjo Targetkan Desa Miliki BUMDes

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah saat membuka Bursa Inovasi Desa 2017 di Lapangan tennis Indoor GOR Sidoarjo, Jumat (29/12) (indra)

Sidoarjo (Antaranews Jatim) - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Keluarga Berencana (Dinas PMD P3A KB) menargetkan pada tahun 2018 setiap desa punya minimal 1 BUM Des (Badan usaha milik desa).

"Saat ini baru ada 78 Bumdes yang sudah terbentuk sedangkan total ada 353 desa se-Kabupaten Sidoarjo," kata Bupati Sidoarjo Saiful Ilah saat membuka Bursa Inovasi Desa 2017 di Lapangan tennis Indoor GOR Sidoarjo, Jumat.

Ia mendorong segera terbentuknya BUMDes melalui pemanfaatan dana desa supaya setiap desa ke depan nantinya memiliki kemandirian ekonomi.

"Selain itu kami juga mendorong supaya dana desa dipergunakan untuk pembangunan program 4 prioritas yang sudah ditentukan oleh Kementerin  Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT)," katanya.

Ia menjelaskan, program tersebut antara lain membentuk BUM Desa sebagai motor penggerak ekonomi desa yang berbentuk unit usaha layanan desa, koperasi dan usaha kecil menengah.

"Kedua program pembangunan embung tujuannya untuk mengatasi persoalan air untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan perikanan dan juga pariwisata," katanya.

Kemudian yang ketiga, kata dia, pengembangan produk unggulan kawasan perdesaan dan yang keempat pembangunan sarana olahraga, sebagai tempat olahraga masyarakat dan juga untuk kegiatan liga desa atau pertandingan antardesa yang bisa menjadi pemasukan kas desa.

"Pemerintah desa harus bisa mengelola dengan baik anggaran dana desa yang sudah diterima, terutama dipergunakan untuk program prioritas dari Menteri PDTT, yakni pembentukan BUMDes, Pembangunan Embung, Pengembangan Produk Unggulan dan juga Pembangunan Sarana Olahraga," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Pendamping Ahli Pembangunan Partisipatif Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Sidoarjo Yuristiarso Hidayat mengatakan, dengan adanya kegiatan ini penyerapan dana bisa dilakukan dengan maksimal.

"Kedepan pemberdayaan masyarakat desa tidak hanya fisik, tetapi bagaimana masyarakat memiliki program perekonomian yang terintegrasi dengan program inovasi desa," katanya.(*)
Pewarta :
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar