Berkejaran Naik Trail di Lautan Pasir Gunung Bromo (Video)

id Gunung Bromo, Trail, Lautan Pasir

Berkejaran Naik Trail di Lautan Pasir Gunung Bromo (Video)

Probolinggo (Antara Jatim) - Menikmati keindahan Gunung Bromo memang tiada habisnya. Menjadi salah satu destinasi wisata unggulan Jawa Timur, Gunung Bromo selalu memaparkan kecantikan tersendiri. Selain adat istiadat dan budaya yang kental, Gunung Bromo sendiri juga memiliki magnet wisata yang kuat, yakni kawah Gunung Bromo itu sendiri yang terus mengeluarkan asap dari dalam perut bumi.

Udara yang ada di Gunung Bromo, juga menjadi salah satu kenikmatan yang bisa dirasakan oleh wisatawan saat berkunjung ke tempat itu.

Apalagi lautan pasir yang membentang sepanjang mata melihat juga menjadi magnet pendukung ciptaan tuhan yang ditempatkan di Gunung Bromo.

Jika biasanya para wisatawan mengunjungi Gunung Bromo dengan berjalan kaki melewati lautan pasir atau juga dengan menggunakan kendaraan jeep, kini untuk menikmati Gunung Bromo bisa dilakukan dengan baik motor trail.

Nuansa yang berbeda mencoba disuguhkan untuk menikmati hamparan lautan pasir di Gunung Bromo.

Untuk menuju ke Gunung Bromo, wisatawan cenderung banyak yang menggunakan jalur Probolinggo, padahal bisa juga menggunakan jalur Malang-Bromo melalui Ngadas, Malang.

Namun, kalau Minggu  motor trail akan diarahkan ke jalur jalan tanah, dan masuk ke dalam hutan.

"Sangat seru, saya sudah tiga kali naik trail menuju ke Bromo, tetapi jalurnya selalu berbeda dan inilah yang membuat saya semakin penasaran dan senang menggunakan motor trail untuk menikmati keindahan alam di lokasi ini," katanya.

Jarak tempuh puluhan kilometer itu bisa ditempuh dengan waktu sekitar tiga jam, tergantung dari kepiawaian pengemudi untuk melewati jalan terjal menuju ke Gunung Bromo.

Perjuangan berliuk-liuk di atas motor trail, menembus belantara, terbayar sudah tatkala sudah terlihat hamparan deretan pegunungan dengan gugusan Gunung Bromo di depan mata.

Tak sampai disitu, untuk bisa menyelesaikan rute, wisatawan harus rela berkejaran di lautan pasir.

"Tidak bisa sembarangan untuk melewati lautan pasir dengan menggunakan motor trail, karena kalau salah jalur saja kita akan terperosok ke dalam sungai kecil yang biasa digunakan untuk mengalirkan air hujan," katanya.

Keseimbangan juga sangat diperlukan saat di medan satu ini karena kalau kurang berhati-hati alhasil motor bisa terjerembab dalam pasir yang dilaluinya.

"Agak susah memang untuk melewati jalur lautan pasir ini, tapi di situlah serunya karena kita bisa berkejaran dengan teman teman kita yang lain. Apalagi kalau melewati jalur Bromo dengan menggunakan trail ini bersama dengan rombongan," katanya.

Jadi bagaimana dengan cara mengisi liburan ini, apakah akan mencoba lagi baru menikmati Bromo dengan menggunakan motor trail? (*)
Video Oleh Indra Setiawan


Pewarta :
Editor: Slamet Hadi Purnomo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar